Jelang Tahun Baru, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Malah Turun

Penerbangan tertinggi pada 23 Desember 2022 lalu

Tangerang, IDN Times - Pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menurun pada Jumat (30/12/2022). Padahal, saat ini merupakan H-1 malam pergantian tahun dari 2022 menuju 2023. 

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Holik Muardi mengakui, pergerakan penumpang saat ini tak setinggi saat menjelang Hari Raya Natal lalu.

"Untuk per tanggal 30 Desember 2022, pergerakan penumpang antara 112 hingga 115 ribu penumpang, sedangkan pada pekan lalu Jumat 23 Desember 2022, penumpang mencapai titik tertinggi 150 ribu per harinya," kata Holik, Sabtu (31/12/2022).

Baca Juga: Penumpang Bandara Soetta Saat Nataru Diprediksi Naik 80 Persen

1. Terdapat 1.000 penerbangan per harinya di Bandara Soetta

Jelang Tahun Baru, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Malah TurunIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Holik mengungkapkan, untuk rata-rata penerbangan di Bandara Soetta, terdapat 900 hingga 1.000 penerbangan per harinya. Jumlah tersebut merupakan penerbangan baik di Terminal 1, Terminal 2, maupun Terminal 3.

"Untuk per tanggal 30 Desember, untuk penerbangan di Terminal 1 ada 180 penerbangan, Terminal 2 ada 347 penerbangan, dan Terminal 3 ada 421 penerbangan," kata Holik.

2. Bali masih menjadi tujuan favorit penumpang dari Bandara Soetta

Jelang Tahun Baru, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Malah TurunAntrean penumpang di Konter Check-in (IDN Times/Hana Adi Pertama)

Holik mengungkapkan, di masa Nataru ini, Bali masih menempati peringkat pertama yang menjadi tujuan penumpang dari Bandara Soetta. Hal tersebut diduga lantaran banyak masyarakat yang memanfaatkan waktu libur Nataru untuk berlibur.

"Kualanamu, Surabaya, Makassar juga menjadi favorit dari penumpang," ungkap Holik.

3. Pihak Bandara Soetta juga antisipasi cuaca ekstrim

Jelang Tahun Baru, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Malah TurunIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Untuk menghadapi cuaca ekstrim yang disebut BMKG bakal datang saat malam pergantian tahun, Holik pun menegaskan pihaknya telah melakukan mitigasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Yakni pengecekan berkala fasilitas yang kami miliki, baik alat produksi, di sisi terminal juga, lalu melakukan koordinasi dengan AirNav, BMKG, dan maskapai sehingga operasional berjalan lancar," kata dia. 

Baca Juga: Tourism Activity Center Ada di Bandara Soetta!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya