Hujan Datang, BPDD: Warga di Daerah Ini Harus Waspada Bencana

Daerah mana saja yang dinilai rawan bencana?

Serang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten meminta masyarakat Banten yang berada di daerah bencana untuk tetap waspada mengingat saat ini sudah mulai terjadi hujan. 

"Bulan ini kan sudah mulai turun hujan. Untuk itu masyarakat yang berada di lokasi-lokasi yang biasa terjadi bencana seperti banjir dan longsor, untuk berhati-hati. Tapi mudah-mudahan saja kita berharap tidak ada bencana," kata Kepala Pelaksana BPBD Banten Nana Suryana di Serang, seperti dikutip dari ANTARA, Senin (28/9/2020).

Baca Juga: BPBD Tangsel Petakan Titik Rawan Bencana di Musim Penghujan

1. Daerah-daerah yang dinilai rawan bencana banjir bandang hingga longsor

Hujan Datang, BPDD: Warga di Daerah Ini Harus Waspada BencanaIDN Times/Khaerul Anwar

Nana mengungkap beberapa daerah yang rawan bencana di Banten saat musim hujan,  seperti Kabupaten Lebak, Pandeglang, Cilegon, Kabupaten Serang dan juga termasuk wilayah Tangerang.

Daerah-daerah tersebut, ungkapnya, rawan terjadi banjir bandang, longsor, dan banjir yang diakibatkan tingginya curah hujan atau baniir kiriman dari daerah lain sehingga menggenangi rumah penduduk.

"Banjir bandang dan longsor biasanya rawan terjadi di daerah Lebak dan Pandeglang serta di Kabupaten Serang," katanya.

2. Warga diminta tidak mendirikan rumah di lokasi yang rawan longsor dan banjir

Hujan Datang, BPDD: Warga di Daerah Ini Harus Waspada BencanaBanjir di Kompleks Perumahan Perumnas 3, Karawaci Tangerang (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Nana juga meminta agar warga tidak sembarangan saat mendirikan rumah. Dia meminta warga tidak mendirikan bangunan atau rumah di lokasi-lokasi yang rawan longsor atau selama ini kerap banjir. "Agar terhindar dari bencana," kata dia. 

Ia mengaku dalam menghadapi musim hujan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai sarana-prasarana penunjang untuk tanggap darurat bencana termasuk di dalamnya para relawan bencana, sebagai antisipasi dan kewaspadaan pemerintah untuk menghadapi bencana tersebut.

3. Peralatan dan logistik terbatas, BPBD berkoordinasi dengan berbagai pihak

Hujan Datang, BPDD: Warga di Daerah Ini Harus Waspada BencanaIDN Times/Candra Irawan

Selain itu, kata dia, BPBD Provinsi Banten juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk dengan BPBD kabupaten/kota untuk kesiapsiagaan kebutuhan logistik dan peralatan penunjang untuk penanganan bencana di wilayah Banten.

Dia mengakui, peralatan dan logistik di BPBD provinsi terbatas. Untuk itu, kata dia, harus ditunjang oleh kesiapan di kabupaten/kota. "Pihak swasta dan masyarakat juga," kata Nana.

Baca Juga: Banjir Bandang dan Longsor Lebak, Salah Siapa? 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya