Polres Tangerang Siapkan Tim Penjinak Bom Sebelum Imlek

Tim penjinak bom sisir vihara sebelum perayaan Imlek

Tangerang, IDN Times - Polres Metro Tangerang Kota menyiapkan tim penjinak bom (Jibom) dari Gegana Polda Metro Jaya. Tim ini nantinya akan menyisir vihara-vihara sebelum perayaan tahun baru Imlek. 

"Sebelum peribadatan nanti, kita akan menerjunkan tim Jibom Gegana Polda Metro Jaya untuk sterilisasi di vihara-vihara," kata Kapolres Metro Tangerang Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, seperti dikutip dari Antara, Kamis (12/1/2023). 

Upaya ini untuk mengantisipasi gangguan sekecil apapun pada perayaan Imlek yang tahun ini jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. 

Baca Juga: Pemkab Tangerang Terima 1.333 Aduan Selama 2022

1. Polisi juga siapkan personel untuk mengatur lalu lintas

Polres Tangerang Siapkan Tim Penjinak Bom Sebelum ImlekIlustrasi polisi (IDN Times/Vanny El Rahman)

Seluruh satuan fungsi pada jajarannya, kata Zain, akan dikerahkan untuk menjamin keamanan dan kelancaran perayaan tahun baru Imlek pada Minggu (22/1/2023). 

"Untuk menjamin kelancaran arus lalu lintas di vihara yang berlokasi di pinggir jalan raya, kita siapkan personel satlantas yang akan mengatur arus lalin saat pelaksanaan ibadah Imlek tahun ini," kata dia. 

2. Sebelum perayaan Imlek, polisi pantau 4 vihara

Polres Tangerang Siapkan Tim Penjinak Bom Sebelum ImlekVihara Boen Tek Bio Tangerang (Google/Muiz Novaldio)

Kapolres beserta pejabat utama Polres Metro Tangerang Kota sempat mengunjungi  empat vihara dengan lebih dari 500 jemaat untuk memastikan peribadatan masyarakat Tionghoa berjalan aman dan lancar.

Adapun empat vihara tersebut adalah Vihara Boen Tek Bio di Jalan Bhakti No.14 di Kelurahan Sukasari, Vihara Nimmala Boen San Bio di Jalan Ks Tubun Koang Jaya, Vihara Yang Sen Bio di Jalan Rawa Kucing Kelurahan Mekarsari dan Vihara Hok Tek Bio di Kelurahan Pangkalan Kecamatan.

Baca Juga: 5 Kue yang Biasa Disajikan saat Imlek, Penuh Makna Keberuntungan

3. Jemaat di vihara diminta menerapkan protokol kesehatan

Polres Tangerang Siapkan Tim Penjinak Bom Sebelum ImlekIlustrasi kampanye menggunakan masker. (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Dalam kunjungan itu, kepolisian meminta yayasan dan jemaat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Pandemik COVID-19 belum usai. 

"Kepada pengurus maupun pimpinan yayasan, siapkan lahan parkir, tingkatkan kewaspadaan dengan membuatkan pos pemeriksaan tamu termasuk barang bawaannya," ujarnya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya