Seorang Warga Lebak Positif COVID-19, Total Kasus Jadi 3

Satu orang penderita di Lebak sudah sembuh

Lebak, IDN Times - Lebak kembali melaporkan satu kasus baru COVID-19. Dengan demikian, jumlah total positif dari wilayah ini menjadi tiga orang, termasuk penderita yang dilaporkan sembuh.

"Kami menerima laporan riwayat warga yang positif itu, sempat kontak badan dengan penderita corona," kata Juru Bicara Tugas Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah, Selasa (9/6). 

2. Pasien baru ini berada di lingkungan yang sama dengan Pasien 01 Lebak

Seorang Warga Lebak Positif COVID-19, Total Kasus Jadi 3Hasil rapid test virus Corona atau Covid-19. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Warga yang positif terjangkit COVID-19 berinisial A (38) tinggal di Kecamatan Cihara di mana sebelumnya di daerah itu terdapat seorang petani yang juga ketua rukun tetangga. Petani ini sebelumnya disebut sebagai Kasus 01 Lebak. 

Kemungkinan besar, A itu sempat kontak badan dengan petani berinisial S (39) tersebut, demikian dikutip dari Antara. 

Baca Juga: Lebak Laporkan Pasien 01 Positif COVID-19 

2. Dari kasus S, Gugus Tugas memeriksa puluhan warga. Hanya A yang positif COVID-19

Seorang Warga Lebak Positif COVID-19, Total Kasus Jadi 3IDN Times/Khaerul Anwar

Pasien S sempat menjalani perawatan intensif di RSUD Banten. Saat ini, S sudah dinyatakan sembuh.

Warga A ini, menurut Firman, dinyatakan positif terjangkit COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab Laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Kementerian Kesehatan Jakarta.

Ia menjelaskan, petugas Gugus Tugas sepekan lalu, telah melakukan pemeriksaan uji swab kepada puluhan warga yang kontak badan dengan penderita COVID-19. Dari puluhan warga itu hanya satu yang dinyatakan positif COVID-19.

"Saya kira penderita COVID-19 itu juga tetangga desa dengan petani yang dinyatakan pertama positif Corona di Lebak," katanya menjelaskan.

Baca Juga: Hore! Pasien COVID-18 di Lebak Sembuh

3. Pasien 03 sehat dan tidak menunjukkan gejala sesak, bautk, atau demam

Seorang Warga Lebak Positif COVID-19, Total Kasus Jadi 3RSUD Banten menjadi rujukan pasien COVID-19 (IDN Times/Khaerul Anwar)

Ia mengatakan, pasien COVID-19 berinisial A itu kini dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan gejala sesak, batuk, dan demam. "Kami meminta penderita COVID-19 itu berada diisolasi mandiri guna mencegah penularan Corona kepada orang lain," katanya.

Berdasarkan laporan laman Siagalebbak-19, tercatat tiga orang dinyatakan positif terjangkit COVID-19 dan terdiri dari dua berstatus pengawasan dan satu berstatus aman, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 43 orang terdiri dari 18 orang berstatus pengawasan, 16 orang berstatus aman dan 9 orang meninggal dunia.

Sedangkan, pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 564 orang terdiri dari 30 orang berstatus pemantauan dan 534 orang berstatus aman serta 63 orang tanpa gejala (OTG).

Baca Juga: [LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New Normal

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya