Tempat Ibadah di Tangerang Dibuka Bertahap

Umat diminta membantu pengelola untuk menerapkan protokol

Tangerang, IDN Times -  Pemerintah Kota Tangerang akan membuka tempat ibadah secara bertahap. Pengurus tempat ibadah dan warga diminta mematuhi protokol kesehatan COVID- 19.

"Rumah ibadah di Kota Tangerang dibuka bertahap, menyesuaikan dengan kesiapan masing-masing pengurus untuk menerapkan protokol kesehatan," kata Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah usai meninjau kesiapan rumah ibadah di Kota Tangerang, seperti dikutip dari Antara, Rabu (3/6).

Baca Juga: [FOTO] Meraba "Wajah" New Normal di Banten

1. PSBB diperpanjang dan lebih longgar

Tempat Ibadah di Tangerang Dibuka BertahapPetugas PMI menyemprotkan cairan disinfektan di Pura Kerta Jaya, Kota Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Pemerintah Kota Tangerang telah memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sesuai dengan Keputusan Gubernur Banten Nomor 443/Kep. 161-Huk/2020 tentang Penetapan Perpanjangan Tahap Ketiga PSBB di Tangerang Raya.

Menurut Arief, PSBB kali ini berbeda karena Pemerintah Kota Tangerang telah memberikan kelonggaran dengan membuka kembali rumah-rumah ibadah yang berada di Kota Tangerang sesuai dengan Surat Edaran (SE) Wali Kota Tangerang Nomor 451/1435-Bag.Kesra/2020.

"Kami sudah memberikan kelonggaran khusus tempat beribadah akan kami buka tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19," jelas Arief.

2. Sejumlah tempat ibadah dinilai sudah siap menerapkan protokol kesehatan

Tempat Ibadah di Tangerang Dibuka BertahapWali Kota Tangerang Arief Wismansyah usai meninjau kesiapan rumah ibadah di Kota Tangerang (Antaranews)

Hari ini, Arief memantau sejumlah rumah ibadah, antara lain: Masjid Al - Husna Kelurahan Sukajadi, Vihara Boen Tek Bio serta Pura Kerta Jaya yang berada di Kelurahan Koang Jaya, Karawaci.

"Kita sudah memantau kesiapan mulai masjid, vihara dan pura. Pantauan kami tadi mereka semua sedang mempersiapkan sesuai dengan protokol ditetapkan," terangnya.

"Masjid juga sudah menerapkan protokolnya mulai dari tempat cuci tangan, pembatasan jarak sampai penyemprotan disinfektan secara rutin," ucap Arief.

Wakil Wali Kota Tangerang H Sachrudin juga pantau tempat ibadah lainnya

Tempat Ibadah di Tangerang Dibuka BertahapPetugas PMI menyemprot disinfektan di Pura Kerta Jaya, Kota Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Wali Kota berharap masyarakat juga ikut membantu tempat ibadahnya di lingkungan masing - masing untuk bisa menerapkan protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan kita bisa terus disiplin, karena vaksin COVID-19 yang kita miliki adalah kedisiplinan untuk terus melakukan protokol kesehatan," tambah Arief.

Di tempat berbeda, Wakil Wali Kota Tangerang H Sachrudin juga menyambangi beberapa tempat ibadah seperti Masjid Raya Al-a'zhom, Vihara Sasana Subhasita, Gereja Katolik Santa Maria, Klenteng Kongchu Bio, dan beberapa rumah ibadah lainnya.

Baca Juga: Bersiap New Normal, PSBB Tangerang Raya Dilanjutkan Sampai 15 Juni

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya