Cilegon Diterjang Banjir, Gerbang Tol Ditutup Dan Rumah Warga Rusak

Akibat diguyur hujan seharian

Cilegon, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Cilegon menimbulkan banjir yang mengepung sejumlah wilayah, Senin (4/5). Banjir diduga akibat curah hujan yang tinggi dan buruknya sistem drainase di wilayah sekitar sehingga air hujan meluap ke pemukiman warga.

Ketinggian air banjir yang menerjang wilayah Cilegon beraneka ragam. Namun yang terparah terjadi di pintu Gerbang Tol Cilegon Barat.

"Kita sedang menuju lokasi untuk meninjau langsung," kata Kepala Seksi Tanggap Darurat pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon Ahmad Mafruh saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Hujan Deras Terjadi Beberapa Hari, Warga Lebak Diminta Waspada Bencana

1. Gerbang Tol Cilegon Barat Ditutup

Cilegon Diterjang Banjir, Gerbang Tol Ditutup Dan Rumah Warga RusakTangkapan layar video amatir

Banjir juga membuat Gerbang Tol Cilegon Barat ditutup karena akses keluar tergenang air. Penutupan gerbang tol cilegon barat dilakukan sejak pukul 11.58 WIB hingga saat ini masih dilakukan penutupan.

Kendaraan yang akan keluar Cilegon Barat dialihkan ke Gerbang Tol Merak. Sebab, semua jenis kendaraan tidak bisa melalui akses keluar menuju Kota Cilegon dari Gerbang Tol Cilegon Barat. Ketinggian dan derasnya banjir dapat membahayakan pengendara jika dipaksakan.

"Tapi, saat ini genangan terpantau di kamera sudah mulai surut," kata ujar petugas Call Center Astra Tol Tangerang Merak, Deden saat dihubungi.

2. Data sementara banjir terjadi di 4 kecamatan

Cilegon Diterjang Banjir, Gerbang Tol Ditutup Dan Rumah Warga RusakTangkapan layar video amatir

Terpisah, Kepala BPBD Kota Cilegon Erwin Harahap, menjelaskan bahwa banjir juga menggenangi jalanan, pemukiman warga di Kota Baja itu. Saat ini, banjir tercatat mengepung 4 kecamatan, yakni Kecamatan Purwakarta, Citangkil, Grogol dan Jombang. Ketinggian air mencapai satu meter dibeberapa wilayah di Kecamatan Citangkil dan Grogol.

"Belum diketahui pastinya berapa titik wilayah terdampak banjir," katanya.

3. Banyak rumah rusak akibat diterjang banjir

Cilegon Diterjang Banjir, Gerbang Tol Ditutup Dan Rumah Warga RusakTangkapan layar video amatir

Kemudian, banjir bandang di Kecamatan Grogol, Kota Cilegon tersebut mengakibatkan banyak rumah milik warga rusak dan sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua hanyut terbawa arus banjir."kita masih upayakan evakuasi di lapangan,"katanya.

Baca Juga: Profil Cilegon, Kota Baja yang Jadi Gerbang Jawa dan Sumatera 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya