Daftar Jadi Caleg, Iti Octavia: Semoga Saya Dipantaskan Allah

Warga Lebak bakal ditinggal bupati dan wakil bupatinya

Serang, IDN Times - Iti Octavia Jayabaya telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Bupati Lebak. Orang nomor satu di Lebak itu telah resmi mendaftarkan di sebagai bakal caleg DPR RI pada Pemilu 2024.

Dengan demikian, bakal terjadi kekosongan kepemimpinan di Kabupaten Lebak setelah ditinggal Bupati dan Wakilnya Ade Sumardi yang telah lebih dulu menyatakan mundur dari jabatannya.

Baca Juga: Sejumlah Kepala Daerah di Banten Mundur Demi Jadi Caleg 2024

1. Iti mendaftar sebagai caleg DPR RI dari Dapil Banten I

Daftar Jadi Caleg, Iti Octavia: Semoga Saya Dipantaskan AllahBupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Bupati Lebak dua periode itu akan ikut berebut kursi di Senayan dengan mencalonkan diri sebagai legislator, melalui Daerah Pemilihan (Dapil) Banten I, yakni Kabupaten Lebak-Pandeglang.

"Semoga saya dipantaskan oleh Allah SWT untuk kembali ke sana (Senayan) dan berkiprah lebih besar lagi untuk Provinsi Banten," kata Iti kepada IDN Times, Senin (15/5/2023).

2. Iti telah mengajukan pengunduran diri ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Daftar Jadi Caleg, Iti Octavia: Semoga Saya Dipantaskan AllahBupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Iti yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Banten mengaku telah mengajukan pengunduran diri ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Ia mengatakan, bakal meninggalkan kursi orang nomor satu di Lebak setelah dinyatakan sebagai Daftar Caleg Tetap (DCT).

"Sudah (mengurus pengunduran diri) karena salah satu syarat mendftarkan ke KPU itu, ya salah satunya surat pengunduran diri ketika surat pengunduran diri," katanya.

3. Wakil Bupati Lebak Ade telah lebih dulu mundur

Daftar Jadi Caleg, Iti Octavia: Semoga Saya Dipantaskan AllahIDN Times/Khaerul Anwar

Sebelumnya, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi telah lebih dulu menyatakan mundur dari jabatannya. Ade bakal maju sebagai calon anggota DPRD Provinsi Banten. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) mengaku diberi tugas untuk memenangkan partai berlambang banteng itu di Banten.

"Saya ditugaskan oleh partai untuk menjadi anggota DPRD Provinsi Banten dengan pak sekretaris, kalau pak bendahara ini DPR RI tugasnya," kata Ade saat dikonfirmasi, Sabtu (13/5/2023) lalu.

Ade mengaku telah mengajukan pengunduran diri dari jabatan yang saat ini ia embang sebagai Wakil Bupati Lebak ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). "Intinya kalau sudah ditetapkan harus sudah mundur dari wakil bupati," katanya.

Baca Juga: 8 Tips Berwisata ke Pemukiman Baduy di Lebak

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya