Dinkes Banten Siagakan 127 Rumah Sakit di Jalur Mudik

Ada juga layanan gawat darurat PSC 119 selama 24 jam

Serang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten menyiagakan ratusan rumah sakit di seluruh perlintasan jalur mudik di Provinsi Banten. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadi masalah kesehatan pada arus mudik Lebaran 2023.

"Jadi 127 rumah sakit yang ada di Banten diaktifkan," kata Kepala Dinkes Banten Ati Pramudji Hastuti melalui siaran pers, Selasa (10/4/2023).

Baca Juga: Pemprov: Jalur Mudik di Banten Siap Digunakan H-7 Lebaran

1. Layanan gawat darurat PSC 119 juga sudah siap

Dinkes Banten Siagakan 127 Rumah Sakit di Jalur MudikPemudik menggunakan sepeda motor terjebak kemacetan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.)

Selanjutnya, Dinkes juga telah menyiapkan layanan gawat darurat atau Public Safety Center (PSC 119) untuk memberikan pertolongan pertama secara mobile apabila terjadi keadaan darurat ataupun terjadi kecelakaan di jalur mudik.

Petugas yang berjaga di setiap posko kesehatan akan langsung datang ke lokasi kejadian. "Dari kecelakaan itu, kita akan bawa ke rumah sakit terdekat," katanya.

2. Ada posko kesehatan di jalur mudik

Dinkes Banten Siagakan 127 Rumah Sakit di Jalur MudikIlustrasi mudik. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah akan terjadi mulai 18 hingga 21 April 2023. (Sumber: Kompas.com)

Kemudian, Dinkes Banten pun mendirikan posko kesehatan di Pelabuhan Merak, Ciwandan dan Terminal Merak. Pemkab dan Pemkot juga membuka posko untuk pengawalan mudik dengan status pelayanan hingga puskesmas selama 24 jam.

Untuk Posko tambahan, kata Ati, pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Polda Banten terkait jumlah dan titik lokasi Posko Kesehatan.

"Untuk di terminal kita juga akan buka (Posko Kesehatan). Nah di Pelabuhan kita buka (Posko Kesehatan) di Ciwandan dan di Merak," katanya.

3. Pemudik, jaga kesehatan sebaik mungkin ya

Dinkes Banten Siagakan 127 Rumah Sakit di Jalur MudikIlustrasi mudik. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Ati mengimbau kepada para pemudik mempersiapkan beberapa hal dengan sebaik mungkin, mulai dari menjaga kesehatan, mengecek kendaraan yang akan digunakan pada saat mudik, dan mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa.

"Jadi yang pasti kita yang mudik jauh itu harus bersiap-siap, seperti membawa obat-obatan yang diperlukan," katanya.

Baca Juga: Rute Menuju Pelabuhan Ciwandan, untuk  Pemudik Motor Nih

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya