Rute Menuju Pelabuhan Ciwandan, untuk  Pemudik Motor Nih

Jalur ini bagi pemudik sepeda motor menuju Sumatra

Serang, IDN Times - Pemudik sepeda motor yang akan menyeberang ke Pulau Sumatra pada saat arus mudik Lebaran 2023 dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan. Sementara, Pelabuhan Merak akan difokuskan untuk mengangkut, pejalan kaki, kendaraan roda empat dan angkutan umum.

Kebijakan ini dinilai bakal mampu mengurai kepadatan arus kendaraan di Pelabuhan Merak yang terjadi setiap musim mudik lebaran.

Baca Juga: Jalan Berlubang ke Pelabuhan Ciwandan Mulai Diperbaiki  

1. Petunjuk arah menuju pelabuhan telah dipasang

Rute Menuju Pelabuhan Ciwandan, untuk  Pemudik Motor NihSejumlah pemudik pejalan kaki antre masuk ke kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberang ke Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4) dini hari. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banten Tri Murtopo mengatakan, pihaknya telah memasang petunjuk arah jalan menuju Pelabuhan Pelindo Ciwandan mulai dari Tangerang.

"Temen-temen ASDP sudah memasang rambu-rambu mulai dari Kota Serang juga ada sampe Ciwandan," kata Tri saat dikonfirmasi, Selasa (4/4/2023).

2. Rute jalan dari arah Jakarta ke Pelabuhan Ciwandan

Rute Menuju Pelabuhan Ciwandan, untuk  Pemudik Motor NihTangkapan layar video

Lantas bagaimana bagi calon pemudik motor yang belum tahu jalan menuju Pelabuhan Ciwandan? Berikut petunjuknya

Bagi yang datang dari arah Jakarta dan sekitarnya, pemudik motor tetap melalui jalan Raya Tangerang-Serang, kemudian melalui jalan protokol Kota Serang. Pemudik kemudian melalui Jalan Raya Serang-Cilegon hingga persimpangan Lampu Merah PCI, Cilegon.

Sesampainya di persimpangan, pemudik langsung mengambil arah kiri menuju Anyer melalui JLS Cilegon. Pemudik terus mengikuti JLS dengan jarak 15,8 kilometer dengan kontur jalan naik turun.

Sesampainya di ujung JLS, atau simpang tiga Ciwandan, pemudik mengambil arah kiri menuju Anyer. Jarak dari pertigaan hingga pintu gerbang Pelabuhan Pelindo II Ciwandan tak jauh hanya 300 meter.

3. Pemudik diimbau terlebih dahulu pesan tiket secara online

Rute Menuju Pelabuhan Ciwandan, untuk  Pemudik Motor NihSejumlah pemudik bersepeda motor antre menunggu giliran masuk ke kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberang ke Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4/2022) dini hari. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Tri menyampaikan, pihaknya pun telah mendirikan sejumlah posko pengamanan dan pelayanan mudik lebaran di sejumlah jalan protokol menuju Ciwandan. Pos tersebut terdapat di wilayah Kramatwatu, Kabupaten Serang. Di sana pemudik bisa beristirahat dan mengisi bahan bakar karena lokasi dekat dengan SPBU.

Namun, pemudik agar dipastikan sudah memiliki tiket yang dipesan secara online melalui aplikasi Ferizy. Jika tidak memiliki tiket, pemudik akan diputarbalikan oleh petugas dan dipastikan tidak ada penjualan tiket di area Pelabuhan Ciwandan.

"Pos ada di Kramatwatu ada pos dari situ langsung ke Ciwandan udah (sampai)," katanya.

Baca Juga: Pemkab Tangerang Minta Warga Cegah Remaja Perang Sarung

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya