Gaji Guru Honorer Banten Telat Cair, Makan Terpaksa Ngutang

Telat cair karena kas daerah tertahan di Bank Banten

Serang, IDN Times - Gaji guru honorer SMA/SMK di Provinsi Banten terlambat dicairkan. Gaji untuk periode bulan April hingga pertengahan bulan ini belum diterima para guru. Padahal biasanya gaji mereka terima setiap awal bulan.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, ada sekitar 15 ribu pegawai honorer di Pemerintah Provinsi Banten. Dari jumlah itu, sekitar 8.700 orang bekerja sebagai guru.

1. Terpaksa berutang demi membeli kebutuhan harian

Gaji Guru Honorer Banten Telat Cair, Makan Terpaksa NgutangDok. IDN Times/IStimewa

Akibat keterlambatan tersebut, akibatnya sejumlah guru honorer mengeluh. Sebagian guru honorer terpaksa mengutang ke warung untuk membeli kebutuhan sehari-hari selama bulan Ramadan.

Semenjak pandemik virus corona atau COVID-19 dan ada kebijakan di rumah aja, mereka juga tidak bisa mencari penghasilan sampingan.

"Iya bener Pak, kalau kita gak utang makan dari mana? Di rumah aja, tapi kumaha ja anak istri hayang emam (bagaimana anak istri perlu makan)," kata Maulana Azhar salah satu guru SMAN 1 Padarincang, Kabupaten Serang saat dikonfirmasi, Senin (11/5).

Ia berharap Pemprov Banten segera mencairkan haknya dengan normal untuk kebutuhan makan sehari-hari.

2. Mengajar dari rumah butuh biaya besar untuk beli kuota

Gaji Guru Honorer Banten Telat Cair, Makan Terpaksa NgutangSalah satu pelajar yang belajar di rumah dimasa pandemi Corona (IDN Times/ istimewa)

Selain itu, kebijakan pemerintah terkait belajar dari rumah pun memberatkan mereka. Pasalnya dengan belajar dari rumah melalui online tersebut membuat para guru harus mengeluarkan biaya cukup tinggi membeli kuota internet.

"Kita masih ada pembelajaran satu minggu lagi, tapi gimana kuota internet saja sudah limit katanya mau diganti dana bos, tapi kan butuhnya sekarang," katanya.

Baca Juga: Alasan Gubernur Banten Tarik Kas Daerah dari Bank Banten 

3. Penyebab gaji guru honorer telat: kas daerah tertahan di Bank Banten

Gaji Guru Honorer Banten Telat Cair, Makan Terpaksa NgutangIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Keterlambatan gaji guru honorer tersebut dibenarkan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rina Dewiyanti. Dia menjelaskan keterlambatan pencairan gaji bagi guru honorer tersebut akibat dari pemindahan Kas Umum Daerah Pemprov Banten dari Bank Banten ke BJB. Namun ia berjanji bahwa hak guru honorer akan segera cair.

"Minggu ini kita upayakan bisa direalisasikan. (Keterlambatan termadi karena) dana kasda (Pemprov) tertahan di Bank Banten,"katanya.

Baca Juga: Bank Banten Akan Jadi Bank Syariah?

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya