H-5 Lebaran, Pelabuhan Ciwandan Mulai Dipadati Pemudik Motor 

Malam hari masih jadi pilihan pemudik melakukan perjalanan

Serang, IDN Times - Memasuki H-15 Lebaran, Pelabuhan Pelindo II Ciwandan mulai dipadati ratusan pemudik motor. Ratusan pemudik kendaraan roda dua memenuhi kantong parkir dalam pelabuhan menunggu antrean untuk masuk naik ke atas kapal.

Kendaraan pemudik tersebut didominasi dengan pelat nomor asal Pulau Sumatra seperti BG, BM, BK, BE, namun terlihat juga pelat nomor Pulau Jawa seperti B dan A.

Baca Juga: Sopir Truk di Pelabuhan Ciwandan 10 Jam Belum Naik Kapal

1. Pemudik motor mulai memadati Pelabuhan Ciwandan

H-5 Lebaran, Pelabuhan Ciwandan Mulai Dipadati Pemudik Motor IDN Times/Khaerul Anwar

Meski terjadi kepadatan di beberapa tenda yang menjadi kantong parkir pemudik roda dua, namun tidak menimbulkan antrean panjang pemudik motor di depan gerbang pelabuhan dan terlihat berjalan lancar.

Sarwan mengatakan, ia sengaja melakukan perjalanan mudik lebih awal lantaran ingin menghindari kemacetan di jalan seperti arus mudik tahun-tahun sebelumnya.

"Bisanya kan kalau mudik mendekati lebaran macetnya parah," kata Sarwan di Pelabuhan Ciwandan, Senin (17/4/2023) dini hari.

2. Mayoritas pemudik motor masih mengakses jalur truk menuju Ciwandan

H-5 Lebaran, Pelabuhan Ciwandan Mulai Dipadati Pemudik Motor IDN Times/Khaerul Anwar

Pemudik yang berangkat dari Tangerang menuju Lampung itu mengaku, penyeberangan melalui Pelabuhan Ciwandan merupakan pengalaman pertamanya selama ini. Sebab, biasanya ia mudik melalui Pelabuhan Merak.

Pemudik motor yang menuju Pelabuhan Ciwandan mayoritas melalui jalur truk kendaraan besar Jalan Lingkar Selatan (JLS), padahal, pihak kepolisian menganjurkan lewat jalan protokol dalam Kota Cilegon.

Alasannya, selain minim rambu-rambu penunjuk arah pemotor, belum ada petugas yang mengarahkan pemudik motor melalui jalur kota." Iya tadi lewat jalur JLS karena ngikut yang lain," katanya.

Baca Juga: Pemudik Motor Menuju Pelabuhan Ciwandan Diminta Tidak Lewat JLS 

3. Malam hari masih jadi pilihan pemudik motor melakukan perjalanan mudik

H-5 Lebaran, Pelabuhan Ciwandan Mulai Dipadati Pemudik Motor IDN Times/Khaerul Anwar

Pantauan IDN Times, pemudik motor yang akan menyebrang ke Sumatra masih memilih melakukan perjalanan pada malam hari. Terlihat, kepadatan di Pelabuhan Ciwandan oleh pemudik motor baru terjadi pada pukul 01:30 WIB, sementara sore hari hingga pukul 12:00 WIB terpantau lengang.

Sementara, untuk kendaraan logistik masih terjadi antrean panjang di JLS yang menjadi pintu masuk pelabuhan. Antrean masih mengular hingga 2 kilomoter. Namun, proses buka tutup masuk pelabuhan sudah sedikit cepat hanya memakan waktu satu jam tidak seperti kemarin hingga memakan belasan jam.

Baca Juga: H-6 Penyeberangan di Pelabuhan Merak Masih Ramai Lancar  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya