Pemudik Motor Menuju Pelabuhan Ciwandan Diminta Tidak Lewat JLS 

Pemudik motor disarankan lewat dalam Kota Cilegon

Serang, IDN Times - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah meminta pemudik motor yang hendak menuju Pelabuhan Pelindo Ciwandan tidak melewati Jalan Lingkar Selatan (JLS).

Selain dikhususkan untuk truk, jalan milik kewenangan Pemkot Cilegon itu juga rawan kecelakaan karena kondisi jalan yang dinilai masih buruk.

Baca Juga: Rute Menuju Pelabuhan Ciwandan, untuk  Pemudik Motor Nih

1. Pemudik motor disarankan melalui jalur protokol dalam Kota Cilegon

Pemudik Motor Menuju Pelabuhan Ciwandan Diminta Tidak Lewat JLS Dok. Istimewa/IG Helldy Agustian

Firman menyarankan, pemudik motor dari arah Jabodetabek dan sekitarnya agar melalui jalan protokol dalam Kota Cilegon, lalu memilih Jalan Raya Cilegon-Anyer menuju Pelabuhan Pelindo Ciwandan.

"Nanti dari Serang kalau menuju ke Pelindo II (Ciwandan) pada saat masuk Kota Cilegon nanti diarahkan, ada penunjuk arah nanti untuk roda dua agar menuju dalam kota (Cilegon), tembus ke Pelindo II," kata Dirlantas Firman Darmansyah kepada wartawan, Kamis (13/4/2023).

2. JLS akan diprioritaskan bagi truk besar

Pemudik Motor Menuju Pelabuhan Ciwandan Diminta Tidak Lewat JLS Dok. Istimewa/IG Helldy Agustian

Sementara JLS, lanjut Firman, akan diprioritaskan bagi truk untuk mengantisipasi kecelakaan antara truk dan sepeda motor. Sebab, jika kendaraan besar berpapasan dengan motor maka akan terjadi rawan kecelakaan.

"Kita antisipasi kecelakaan, makanya kota pisah truk melalui JLS dan sepeda motor lewat kota," katanya.

3. Agar pemudik tidak bingung, polisi pasang petunjuk arah

Pemudik Motor Menuju Pelabuhan Ciwandan Diminta Tidak Lewat JLS Sejumlah pemudik bersepeda motor antre menunggu giliran masuk ke kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberang ke Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4/2022) dini hari. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Agar pemudik motor tidak kebingungan, kepolisian bersama Dishub telah memasang penunjuk arah dan menyiapkan pengawalan hingga sampai di Pelabuhan Ciwandan. Pemudik motor akan disekat, dikumpulkan di Alun-alun Krmatwatu, lalu dikawal hingga pelabuhan oleh anggota kepolisian.

"Biasanya roda dua dengan kelompok besar tidak tahu jalan, di situ kita akan mengawal (pemudik)," katanya.

Baca Juga: Polisi Bakal Berlakukan Delay System ke Pelabuhan Merak dan Ciwandan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya