Polisi Bakal Berlakukan Delay System ke Pelabuhan Merak dan Ciwandan

Penundaan perjalanan ini berlaku jika pelabuhan padat

Serang, IDN Times - Pemerintah dan pihak terkait terus menyiapkan jaur mudik, jelang Lebaran 2023. Salah satu yang menjadi perhatian adalah melonjaknya pemudik dari Pulau Jawa menuju Sumatra.

Untuk jalur ini, pemerintah sudah menyiapkan dua pelabuhan, yakni Merak dan Pelabuhan Ciwandan. Pelabuhan Merak dikhususkan untuk kendaraan roda empat dan bus dan Pelabuhan Ciwandan sendiri khusus mengangkut pemudik roda dua dan truk logistik.

Berikut beberapa persiapan bagi pengoperasian dua pelabuhan ini sebagai akses mudik: 

Baca Juga: Jalan Berlubang ke Pelabuhan Ciwandan Mulai Diperbaiki  

1. Polisi bakal memberlakukan penundaan perjalanan atau delay system di Tol Jakarta-Merak

Polisi Bakal Berlakukan Delay System ke Pelabuhan Merak dan CiwandanIDN Times/Khaerul Anwar

Untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan dan antrean panjang di Pelabuhan Merak, Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Dedi Suhartono mengatakan, polisi akan memberlakukan penundaan perjalanan atau delay system di Km 43 dan 68 tol Jakarta-Merak. 

"Selain strategi delat sistem dilakukan di dua rest area, serta akan disiapkan buffer zone di KM 97," kata Dedi melalui siaran pers, Senin (10/4/2023).

2. Alun-Alun Kramatwatu bakal jadi lokasi delay system pemudik motor

Polisi Bakal Berlakukan Delay System ke Pelabuhan Merak dan CiwandanTangkapan layar video

Sementara, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan Pelabuhan Ciwandan, polisi menggunakan Alun-Alun Kecamatan Kramatwatu sebagai lokasi delay system pemudik dengan sepeda motor.

Kendaraan pemudik akan diarahkan untuk beristirahat di Alun-Alun Kecamatan Kramatwatu, setelah kepadatan di Pelabuhan Ciwandan sudah mereda pemudik kembali akan diarahkan untuk melanjutkan perjalanan.

"Kemudian di Pos Pam Kramatwatu, ada alun-alun. Apabila nanti arus kendaraan yang ke arah Cilegon itu sudah terlalu padat dan tidak tertampung oleh kapal yang mengangkut, nanti pos alun alun ini menjadi salah satu tempat untuk delay system," katanya.

3. Jadwal layanan operasional Pelabuhan Merak dan Ciwandan

Polisi Bakal Berlakukan Delay System ke Pelabuhan Merak dan CiwandanRatusan kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera terjebak kemacetan di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Dedi menjelaskan, operasional pelayanan pada Pelabuhan Ciwandan untuk roda dua dimulai pada H-7 sampai H-1 dilayani dari Ciwandan - Bakaheuni dan periode H-3 sampai H-1 dilayani dari Ciwandan - Panjang.

Pelayanan truk Golongan V B periode H-4 sampai H-1 dilayani melalui Pelabuhan Ciwandan dan pelayanan truk Golongan VI B periode H-7 sampai H-1 dilayani melalui Pelabuhan Ciwandan.

“Untuk Pelabuhan Merak khusus kendaraan roda empat dan bus tujuan Sumatra untuk arus mudik dan balik ke Pelabuhan Merak, dan untuk truk Golongan V B periode H-7 sampai H-5 dilayani melalui Pelabuhan Merak,” katanya.

Baca Juga: Pelabuhan Ciwandan Cuma Bisa Tampung 800 Pemudik Motor 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya