Hari Ini, Polda Banten Mulai Gelar Operasi Kalimaya 2020

Disertai pencegahan penyebaran COVID-19

Serang, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Banten melalui Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) mulai menggelar Operasi Keselamatan Kalimaya Tahun 2020 hari ini, Senin (6/4) hingga 19 April 2020.

Tujuan dari operasi ini untuk menciptakan masyarakat tertib berlalu lintas menjelang pelaksanaan Operasi Kalimaya Mudik Lebaran Idul Fitri dan membantu mencegah penyebaran virus corona.

"Melibatkan 600 personel gabungan Ditlantas dan Satlantas jajaran. Operasi tersebut akan dilaksanakan di seluruh wilayah hukum Polda Banten," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten Kombes Pol Wibowo saat dikonfirmasi.

Baca Juga: 4.197 Warga Banten Jalani Rapid Test, 201 Positif COVID-19 

1. Gelaran operasi akan dibarengi tindakan pencegahan penyebaran virus corona

Hari Ini, Polda Banten Mulai Gelar Operasi Kalimaya 2020Sat Lantas Polres Balikpapan

Menurut Wibowo, Operasi Keselamatan Kalimaya COVID-19 lebih ini dilakukan untuk mewujudkan keamanan berlalu lintas serta mencegah penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat.

Ia menyatakan lewat operasi itu nantinya akan diselingi dengan memberikan imbauan, sosialisasi, edukasi, pamasangan baleho dan spanduk kepada masyarakat untuk bersama tertib berlalulintas dan mencegah penyebaran COVID-19 dengan berpedoman pada protokol pandemi Covid-19. Juga dilaksanakan langkah preventif, penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli.

"Kita akan selalu berusaha maksimal khususnya dalam menyosialisasikan upaya – upaya pencegahan penyebaran virus yang mematikan ini,"katanya.

2. Diimbau menggunakan masker saat berkendara

Hari Ini, Polda Banten Mulai Gelar Operasi Kalimaya 2020IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Dalam upaya mencegah pandemi COVID-19, Dirlantas juga mengimbau kepada masyarakat untuk membiasakan diri untuk melaksanakan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan sesuai kebutuhan, olah raga, menggunakan masker ketika berkendara, istirahat cukup, serta cuci tangan dengan sabun setelah ataupun sebelum beraktivitas.

"Kegiatan ini merupakan bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran virus corona sesuai maklumat Kapolri,"katanya.

3. Operasi Kalimaya digelar serentak di semua daerah

Hari Ini, Polda Banten Mulai Gelar Operasi Kalimaya 2020IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Perlu diketahui operasi keselamatan ini digelar serentak di seluruh Indonesia. Untuk itu, Wibowo berharap kegiatan tersebut berjalan lancar. Masyarakatpun diminta mematuhi anjuran pemerintah agar terhindar dari COVID-19. 

"Saya juga mengajak masyarakat agar menerapkan social distancing, hindari aktivitas di luar rumah, jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan," kata dia.

Baca Juga: [LINIMASA] Wabah COVID-19 Hantui Warga Banten

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya