Jalan Berlubang ke Kawasan Wisata Carita Mulai Diperbaiki

Daerah ini langganan kemacetan saat libur Lebaran

Serang, IDN Times - Jalan Mengger-Mandalawangi menuju Kawasan Wisata Carita, Banten, yang rusak parah dan berlubang mulai diperbaiki. Perbaikan ini hanya bersifat sementara sebelum dilakukan perbaikan permanen.

"Target selesai besok untuk jalur mudik dan wisata," kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten Arlan Marzan saat dikonfirmasi, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga: Anak Krakatau Level II, Warga Anyer dan Carita Diminta Waspada

1. Ini daerah langganan kemacetan saat libur Lebaran

Jalan Berlubang ke Kawasan Wisata Carita Mulai DiperbaikiDok. Istimewa/PUPR Banten

Diketahui sebelumnya, jalan dengan panjang sekitar 9 kilometer yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Banten itu dipenuhi lubang dan rawan terjadi kecelakaan. Pengguna jalan juga kerap mengeluhkan penerangan yang minim di jalur ini. 

Saat libur Lebaran, jalan tersebut juga selalu padat dipenuhi para wisatawan yang melintas menuju Kawasan Pantai Carita. Bahkan, kerap menjadi daerah langganan kemacetan.

2. Jalur wisata lain sudah masuk kategori mantap

Jalan Berlubang ke Kawasan Wisata Carita Mulai DiperbaikiDok. Istimewa/PUPR Banten

Sementara, lanjut Arlan, untuk Jalan Raya Teneng-Cinangka, Taktakan dan Gunung Sari menuju Kawasan Wisata Anyer, dinilai sudah dalam kategori mantap. Kendati demikian pemeliharaan kecil jika ada lubang tetap akan dilaksanakan.

Hal itu merupakan hasil monitoring kondisi salah satu jalan provinsi itu.

"Karena selain jalur mudik, untuk di Serang itu juga ada jalur wisata yang harus diperhatikan di musim libur lebaran ini," katanya.

3. Pemerintah siagakan petugas dan alat berat di daerah rawan

Jalan Berlubang ke Kawasan Wisata Carita Mulai DiperbaikiJalan di Lebak amblas. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Arlan juga mengungkap, untuk mengantisipasi bencana alam di jalur wisata dan mudik, pihaknya telah menyiapkan sejumlah alat berat dan personel tanggap darurat di daerah rawan. Saat ini sejumlah daerah di Banten tengah dilanda cuaca ekstrem.

"Petugas standby di masing-masing UPT, mengantisipasi pohon tumbang dan longsor. Selama periodik mudik dan arus balik," katanya.

Baca Juga: Mulai Malam Ini, Truk Dilarang Melintas di Pelabuhan Merak 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya