Jika Belajar Tatap Muka, Siswa di Serang Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin

Serang belum gelar PTM selama vaksinasi belum rampung

Serang, IDN Times - Pemerintah Kota Serang mensyaratkan vaksinasi bagi siswa yang akan mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah. Hal ini pun berlaku terhadap guru yang akan mengajar di masa pandemik COVID-19.

"Ketika tatap muka, (murid) belum divaksin itu harus dipulangkan dulu dan divaksin. Bukan hanya murid saja, tapi juga guru," kata Wali Kota Serang Syafrudin saat tinjau vaksinasi di SMPN 7 Kota Serang, Senin (23/8/2021).

Baca Juga: Kota Serang Tetap Tunda Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah  

1. Sejauh ini, Pemkot masih belum mengizinkan sekolah gelar PTM

Jika Belajar Tatap Muka, Siswa di Serang Wajib Tunjukkan Kartu VaksinUji coba pembelajaran tatap muka di SMP 5 Semarang. (dok. SMP 5 Semarang)

Meski demikian, Pemkot Serang memilih menunda kegiatan PTM di sekolah meski sejumlah daerah di Banten yang masuk dalam ketegori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 sudah menggelar PTM.

"Meski sudah zona oranye dan ada SKB 3 menteri sudah menganjurkan sekolah tatap muka. Tapi Kami berharap semua sekolah siswa dan gurunya wajib divaksin, tidak terkecuali," katanya.

2. Sekolah dibuka setelah realisasi vaksinasi siswa 75 persen

Jika Belajar Tatap Muka, Siswa di Serang Wajib Tunjukkan Kartu VaksinIlustrasi belajar tatap muka di sekolah. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Disampaikan Syafrudin, pihaknya akan membuka PTM di sekolah jika realisasi vaksinasi pelajar di wilayahnya sudah mencapai 75 persen. Sementara, hingga saat ini capaian vaksinasi pelajar di Kota Serang baru mencapai 10 persen dari total 26 ribu siswa SMP dan SD yang ada.

Persyaratan wajib vaksin hanya berlaku terhadap siswa SD dan SMP yang sudah berusia 12 tahun ke atas.

"Kami targetkan di akhir Agustus atau awal September sudah tercapai dan PTM segera dimulai," katanya.

3. Sekolah dan orangtua diimbau segera gelar vaksinasi siswa

Jika Belajar Tatap Muka, Siswa di Serang Wajib Tunjukkan Kartu VaksinIlustrasi sekolah tatap muka di tengah pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang itu berharap seluruh sekolah dan orang tua murid segera melakukan vaksinasi terhadap siswa dan anaknya agar PTM bisa dilaksanakan.

"PTM bisa dilaksanakan kalau sudah divaksin," katanya.

Baca Juga: Kontroversi Akuarium Rp206 Juta untuk Ruang Wali Kota Serang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya