Kota Serang Tetap Tunda Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah  

Meski diizinkan digelar secara terbatas

Serang, IDN Times - Wali Kota Serang Syafrudin menyatakan, pihaknya tidak akan membuka kegiatan belajar mengajar (KBM) di Sekolah terlebih dulu, meski pemerintah pusat telah memberi izin sekolah untuk menggelar pembelajaran tatap muka.

Diketahui sebelumnya, khusus untuk seluruh daerah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 2, diizinkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka dengan sejumlah ketentuan.

Baca Juga: Akuarium Jadi Sorotan, Wali Kota: Kabupaten Serang Saja Miliaran

1. Belajar tatap muka digelar setelah vaksin pelajar rampung

Kota Serang Tetap Tunda Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah  Ilustrasi sekolah tatap muka (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang itu menuturkan, kegiatan pembelajaran tatap muka akan kembali dibuka setelah vaksinasi pelajar rampung. Per hari ini, Kota Serang baru memulai vaksinasi pelajar untuk tingkat siswa SMP dan SMA.

"Tatap muka sesuai Imendagri sudah bisa dilakukan. Kami inisiatif vaksin dulu setelah vaksin kita siapkan tatap muka," kata Syafrudin, Kamis (13/8/2021).

2. Sudah diizinkan gelar sekolah tatap muka terbatas

Kota Serang Tetap Tunda Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah  Ilustrasi sekolah tatap muka di tengah pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Dalam ketentuan Inmendagri Nomor 30 dan 32 Tahun 2021, lelaksanaan pembelajaran di daerah dengan level assesmen 3 dan 2 dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan atau pembelajaran jarak jauh.

Bagi satuan pendidikan yang melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas, dapat dilakukan dengan kapasitas maksimal 50 persen dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas.

Namun, Pemkot Serang memilih untuk menunda rencana tersebut demi kesehatan para peserta didik."Agar lebih mudah maka kita adakan di sekolah-sekolah, madrasah ataupun di ponpes," katanya.

3. Vaksinasi pelajar ditarget rampung sebelum Desember

Kota Serang Tetap Tunda Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah  Sejumlah siswa mengikuti kegiatan sekolah tatap muka (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Untuk mempercepat kegiatan pembelajaran tatap muka, pihaknya akan terus mengejar vaksinasi pelajar dengan mendatangi langsung setiap sekolah agar sebelum bulan Desember 2021 vaksinasi pelajar di Kota Serang rampung.

"Kalau orang tua menolak kita tidak memaksakan dan kita tanya dulu alasannya kenapa sambil kita sosialisasikan bahwa vaksin penting," katanya.

Baca Juga: Saat Pandemik, Kota Serang Malah Kosongkan Jabatan Kadinkes  

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya