Lakukan! 8 Kunci Agar Kamu Terhindar dari COVID-19

Sebaran COVID-19 di Banten meluas guys~

Serang, IDN Times - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, wabah COVID-19 di Banten kian meluas. Trennya meningkat dalam dua hari terakhir. 

Sebelumnya, peta sebaran wilayah terjangkit virus yang berasal dari negeri tirai bambu hanya berada di tiga daerah yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan. Namun, kini sudah menyebar ke Serang. 

Ati kembali mengingatkan warga untuk melakukan 8 kunci untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. 

Baca Juga: Satu Warga Kota Serang Dinyatakan Positif 

1. Ati mengimbau kembali agar warga Banten, khususnya, melakukan 8 hal ini

Lakukan! 8 Kunci Agar Kamu Terhindar dari COVID-19Petugas medis Puskesmas Pandan saat mencuci tangan warga guna menghindari penyebaran virus Covid-19 (IDN Times/Hendra Simanjuntak)

Oleh karenanya, Ati mengimbau kepada warga untuk melakukan delapan langkah untuk memutus mata rantai penularan COVID-19, yaitu:

1. Konsumsi makanan bergizi yang mengandung nutrisi, vitamin dan mineral.

2. Olahraga setiap hari.

3. Istirahat yang cukup.

4. Cuci tangan sabun dengan air mengalir, sebelum atau sesudah beraktivitas.

5. Bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

6. Jaga jarak dan hindari kerumunan.

7. Tidak berjabat tangan.

8. Pakai masker bila sakit atau berada di tempat umum.

"Kami berharap partisipasi dari seluruh masyarakat yang ada untuk selalu lakukan delapan langkah itu," kata Ati yang juga Kepala Dinas Kesehatan Banten melalui siaran pers, Jumat (10/4).

2. COVID-19 Sudah tiba di dua daerah lain, yakni Kabupaten Serang dan Kota Serang

Lakukan! 8 Kunci Agar Kamu Terhindar dari COVID-19Isolasi wilayah secara mandiri di Serang, Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Kota Serang dan Kabupaten Serang menjadi daerah keempat dan kelima wilayah terjangkit corona di Banten setelah resmi mengumumkan warganya positif terjangkit corona. Kemudian setelah mengumumkan waranya positif corona, Pemerintah Kota Serang telah menetapkan kejadian luar biasa (KLB) COVID-19 di wilayahnya.

"Tren COVID-19 ini terus mengalami peningkatan yang perlu jadi catatan di dalam perkembangan covid hari ini dimana data sebelumnya hanya ada kasus confirm itu adà di tiga daerah," kata Ati

3. Sudah ada tiga kasus positif corona di Serang Raya

Lakukan! 8 Kunci Agar Kamu Terhindar dari COVID-19IDN Times/Aji

Berdasarkan data tim gugus tugas penanganan COVID-19 Banten, tercatat ada tiga pasien yang telah dinyatakan positif corona berasal dari Serang Raya, yakni 2 orang dari Kota Serang dan 1 orang dari Kabupaten Serang. Ketiganya sedang dirawat secara intensif di rumah sakit pusat rujukan pasien COVID-19, RSUD Banten.

Bahkan, berdasarkan keterangan yang disampaikan Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, sebanyak 2 anggota keluarga pasien diduga telah tertular karena pernah kontak langsung dengan yang bersangkutan.

Berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan sebanyak dua kali berturut turut terhadap tiga anggota keluarga pasien, dua orang dinyatakan reaktif dan akan kembali diperiksa melalui swab. Kini mereka sedang menjalani isolasi mandiri karena tidak merasakan gejala apapun.

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Pulang Dari Jakarta, Warga Serang Dinyatakan Positif COVID-19

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya