Satu Warga Kota Serang Dinyatakan Positif 

Kasus positif corona pertama di Kota Serang

Kota Serang, IDN Times - Juru Bicara Tim Gugus Penanganan COVID-19 Kota Serang Hari Pamungkas mengumumkan satu warganya dinyatakan positif terpapar virus corona atau COVID-19.

Saat ini yang bersangkutan telah mendapat perawatan secara intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten sebagai RS pusat rujukan COVID-19.

Baca Juga: 25 Ribu Warga Terdampak di Kota Serang Akan Dapat Bantuan Pangan  

1 Kasus positif corona pertama di Kota Serang

Satu Warga Kota Serang Dinyatakan Positif IDN Times/Khaerul Anwar

Kasus positif corona ini merupakan kasus pertama di Kota Serang. Informasi yang dihimpun, pasien yang telah dinyatakan positif tersebut merupakan warga Kecamatan Serang, berjenis kelamin laki-laki dan umur 42 tahun.

Hari menyatakan bahwa pasien yang berprofesi sebagai buruh bangunan itu memeriksakan kesehatannya di Puskesmas Unyur pada 25 Maret 2020 . Lalu, pada 27 Maret, dia dirujuk ke salah satu rumah sakit swasta di Kota Serang dan pada 28 Maret dirujuk di RSUD Banten.

"Betul tadi sore informasi dari Dinkes Banten. hasil rapid test pertama negatif, kedua positif, swab positif. Jadi tiga kali tes," kata Hari saat dikonfirmasi, Rabu (8/4).

2. Petugas akan tracing riwayat kontak pasien

Satu Warga Kota Serang Dinyatakan Positif Dok.Yankes RUSD Banten

Gugus Tugas penanganan COVID-19 akan melakukan langkah-langkah surveillance melalui gugus tugas bidang kesehatan, antara lain: melakukan tracing kasus, pemeriksaan swab terhadap keluarga pasien dan rapid test untuk orang lain yang pernah kontak dengannya.

Lalu melakukan pemantauan orang yang kontak dengan pasien melalui surveillance puskesmas. “Kami juga melakukan penyuluhan pada masyarakat setempat terkait hal-hal yang harus dilakukan seperti social dan physical distancing, perilaku hidup bersih dan sehat, tetap di rumah, dan sebagainya,” ujarnya

3. Ada 152 warga Banten terkonfirmasi positif

Satu Warga Kota Serang Dinyatakan Positif Pemeriksaan suhu tubuh sopir angkot di Simpang Air Mancur, Kota Bogor, Jawa Barat, pada 8 April 2020. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Berdasarkan situs infocorona.bantenprov.go.id pada pukul 20.50 WIB ada sebanyak 152 warga Banten terkonfirmasi positif corona, 119 masih dirawat, 10 sembuh dan 23 meninggal. Rinciannya antara lain, Kabupaten Serang 37 kasus, Kota Tangerang 54 kasus, Kota Tangerang Selatan 60 kasus dan Kota Serang 1 Kasus.

Baca Juga: Banten Siapkan Lahan Khusus untuk Jenazah COVID-19 di Kota Serang 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya