Manfaat Bendungan Sindang Heula untuk Masyarakat Banten

Hari ini diresmikan Presiden Jokowi

Serang, IDN Times - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Sindang Heula yang berada di Kabupaten Serang, Provinsi, Kamis (4/3/2021).

Bendungan yang dibangun sejak 2015 itu dirancang untuk memenuhi kebutuhan air di Kabupaten dan Kota Serang serta Kota Cilegon dengan kapasitas 9,3 meter kubik. Kemudian untuk memenuhi kebutuhan daerah irigasi untuk mengairi 1.280 hektare lahan di wilayah Banten utara.

"Sehingga kita harapkan Bendungan ini memberikan nilai tambah yang besar bagi petani di Banten dalam menjamin ketersediaan air yang cukup," kata Jokowi saat berkunjung ke Banten.

Baca Juga: Asal-usul Banten Disebut Tanah Jawara 

1. Bendungan Sindang Heula menyuplai kebutuhan air baku industri

Manfaat Bendungan Sindang Heula untuk Masyarakat BantenDok. Humas Pemprov Banten

Kemudian air dari Bendungan Sindang Heula ini bisa menyediakan air baku bagi daerah industri di Banten-- khususnya Serang dan Cilegon.

"Bisa menyajikan air baku hingga 0,40 meter kubik per detik. Sudah mulai digunakan," katanya.

2. Diyakini bisa mengendalikan banjir dan menghasilkan listrik mikrohidro

Manfaat Bendungan Sindang Heula untuk Masyarakat BantenIDN Times/Dhana Kencana

Selain bisa menyuplai kebutuhan air, kata Jokowi, bendungan tersebut pun bermanfaat untuk pengendalian banjir di Kabupaten Serang dengan mereduksi 50 meter kubik banjir per detik akibat luapan sungai Ciujung dan Cidurian. Kemudian bisa menghasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro.

"Bendungan ini juga berfungsi untuk pembangkit listrik bisa menghasilkan 0,40 megawatt sehingga ke depan bisa dimanfaatkan provinsi Banten karena kita tidak ingin bergantung pada energi fosil karena ini sudah hydro power," katanya.

3. Bisa menjadi destinasi wisata baru di Banten

Manfaat Bendungan Sindang Heula untuk Masyarakat BantenDok. Istimewa / WIjaya Karya (WIKA)

Selain bisa memasok kebutuhan air, mengendalikan bencana banjir serta menghasilkan listrik, keindahan alam dan kenyamanan di sekitar Bendungan bisa menjadi daya tarik destinasi wisata di Banten.

"Konservasi dan pariwisata. Harus kita jaga konservasi di sekitar waduk sehingga air waduk kita harap air waduk semakin tahun semakin naik dan manfaatnya bisa kita gunakan untuk masyarakat di Banten," katanya.

Baca Juga: Bertolak ke Banten, Jokowi Resmikan Bendungan Sindang Heula

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya