Marak Isu Penculikan, Orangtua Diminta Pantau Aktivitas Anak

Orangtua, jangan panik tapi tetap waspada ya~

Serang, IDN Times - Isu penculikan anak yang beredar di berbagai pesan singkat, grup Whatsapp hingga media sosial lainnya, kian marak. Menanggapi Polda Banten mengimbau masyarakat untuk tidak panik menyikapinya, namun harus selalu waspada dan berhati-hati.

Di Banten sempat ada beberapa kasus penculikan. Salah satu yang menyita perhatian adalah penculikan di Kota Cilegon, Banten.

"Intinya masyarakat jangan panik, kemudian anak-anaknya dijaga," kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto saat dikonfirmasi, Jumat (3/2/2023).

 

Baca Juga: Penculik Bocah 4 Tahun di Cilegon Ditangkap di Pasar Minggu  

Baca Juga: Kisah R, Bocah Tangerang yang Berhasil Kabur dari Penculiknya

1. Polda Banten belum mengeluarkan maklumat soal isu penculikan

Marak Isu Penculikan, Orangtua Diminta Pantau Aktivitas AnakIlustrasi penculikan (IDN Times/Sukma Shakti)

Meskipun pernah ada kasus di Banten, Didik mengatakan, hingga saat ini Polda Banten belum mengeluarkan maklumat secara khusus untuk mengantisipasi isu penculikan anak yang menyebabkan kekhawatiran di kalangan masyarakat. Namun, pihaknya berjanji akan menjamin keamanan warga.

Waspada itu dapat dilakukan melalui peningkatan pengawasan orangtua pada aktivitas anak, berkoordinasi dengan guru tempat anak bersekolah dan melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan ke pihak kepolisian.

"Kami sudah edukasi lewat medsos yang intinya jangan terlalu panik pada saat situasi yang ada, tapi kewaspadaan tetap harus ada jadi sama-sama," katanya.

2. Pemprov minta warga waspada, penculikan terjadi salah satunya karena orangtua lengah

Marak Isu Penculikan, Orangtua Diminta Pantau Aktivitas AnakIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwi Agustiar)

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten Siti Ma'ani Nina mengatakan, orangtua saat ini harus selalu waspada terhadap setiap kejahatan, termasuk penculikan. Sebab kejahatan tidak hanya terjadi karena ada niat dari pelaku, melainkan juga karena ada kesempatan saat orangtua lengah.

"Saya imbau masyarakat untuk selalu waspada,” katanya.

3. Orangtua harus mengontrol aktivitas anaknya

Marak Isu Penculikan, Orangtua Diminta Pantau Aktivitas AnakIlustrasi anak-anak (IDN Times/Aryodamar)

Nina mengatakan, setiap orangtua harus selalu memeriksa di mana dan dengan siapa anak berada dan sedang berbuat apa. Hal ini untuk memastikan bahwa anak sedang baik-baik saja dan aman karena dengan bersama orang yang dikenal.

“Misalkan berangkat ke sekolah harus dicek betul keberadaannya,” katanya.

Baca Juga: Nonton Konser di Mall Tangerang, Ada Rossa dan Rizky Febian

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya