Pj Gubernur Banten Minta Warganya Tak Keluar Kota karena Cuaca Ekstrem

Warga diimbau tak mengunjungi wisata yang rawan bencana

Serang, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, meminta warganya tidak melakukan perjalanan ke luar kota saat libur Tahun Baru. Cuaca ekstrem yang diprediksi akan terjadi di sejumlah daerah termasuk Banten hingga awal 2023, dikhawatirkan bisa membahayakan warga.

"Kita perlu arif dan bijaksana kalau akan berpergian atau perjalanan dalam beberapa hari ini. Kalau tidak terpaksa dan sangat penting, mohon dipertimbangkan lagi (menunda) teknis secara personal," kata Al Muktabar kepada wartawan, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Waspada Bencana Akhir Tahun, Arief Minta Warga Kota Tangerang Tenang

1. Mengunjungi tempat hiburan dalam kota yang tak berisiko

Pj Gubernur Banten Minta Warganya Tak Keluar Kota karena Cuaca EkstremIlustrasi - Kepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (28/2/2022). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Pria yang akrab disapa Al tersebut menyarankan masyarakat menghabiskan libur akhir tahun di daerah masing-masing, dengan mendatangi tempat wisata dan hiburan yang ada. Seperti mendatangi pameran produk UMKM di alun-alun Kota Serang.

"Selain aman, aktivitas itu mendukung tata kelola ekonomi dalam pemulihan pasca pandemik COVID-19," katanya.

Baca Juga: Saat Ancaman Cuaca Ekstrem, 1 Alat Deteksi Tsunami di Banten Rusak 

2. Tetap waspada jika mengunjungi daerah rawan bencana

Pj Gubernur Banten Minta Warganya Tak Keluar Kota karena Cuaca EkstremPembatasan kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak saat libur Idul Fitri, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/5/2021). Kendaraan yang diperbolehkan melintasi jalur wisata Puncak Bogor hanya kendaraan plat F (Bogor) selain plat tersebut diputar balik petugas sebagai upaya meminimalisir penyebaran COVID-19 di area wisata (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Namun bagi masyarakat yang terpaksa sudah melakukan perjalanan ke daerah rawan bencana, seperti daerah pegunungan dan pesisir pantai, ia meminta warganya berhati-hati dan mewaspadai cuaca ekstrem.

"Sekarang secara umum masih cukup baik (kondisi cuaca), mudah- mudahan cuaca ekstrem itu tidak terjadi," tuturnya.

3. Sudah mempersiapkan antisipasi terkait kebencanaan

Pj Gubernur Banten Minta Warganya Tak Keluar Kota karena Cuaca EkstremIlustrasi. BPBD Maros menangani bencana. IDN Times/BPBD Maros

Terkait persiapan kebencanaan, mantan Sekda Banten itu telah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyiapkan segala upaya untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam akibat cuaca ekstrem. Termasuk mempersiapkan dapur umum dan bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak.

“Kita punya banyak stok bahan pangan terutama beras yang minimal bisa memenuhi kebutuhan dasar kita,” katanya.

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Banten Siagakan Helikopter

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya