Ratusan Penumpang Selamat dari KMP Royce 1 yang Terbakar di Merak

Ada beberapa penumpang pingsan saat proses penanganan

Serang, IDN Times - Ratusan penumpang berhasil diselamatkan dan telah dievakuasi dari kapal feri KMP Royce 1 yang terbakar di perairan Merak, Banten. Para penumpang itu dievakuasi ke Pelabuhan Merak.

Proses evakuasi dilakukan TIM SAR Gabungan dari Basarnas, Lanal Banten, Polairud Banten, KPLP Banten, BPTD, ASDP Merak, PMI dan nelayan setempat.

"Evakuasi selesai pada Pukul 17.30 WIB," kata Kepala Kantor SAR Banten, Adil Triyanto, Sabtu (6/5/2023).

Baca Juga: Kapal Feri Terbakar di Merak, Api Berasal dari Truk 

1. Dari ratusan penunpang, ada beberapa yang pingsan

Ratusan Penumpang Selamat dari KMP Royce 1 yang Terbakar di MerakDok. Istimewa/Basarnas

Terpisah, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Merak Iptu Atep Mulyana mengatakan, ada sekitar 275 orang penumpang yang ada di dalam KMP Royce I. Semuanya sudah berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Merak dalam kondisi selamat.

Namun, ada beberapa penumpang yang jatuh pingsan akibat panik dan menghirup asap. "Ada beberapa penumpang yang pingsan dan dilarikan ke rumah sakit," katanya.

2. Api berasal dari bus yang terbakar

Ratusan Penumpang Selamat dari KMP Royce 1 yang Terbakar di MerakKapal terbakar saat docking di Teluk Waru Lembar/dok. Evi Riskiani

Sebelumnya, Kepala Kantor SAR Banten Adil Triyanto meralat informasi yang sebelumnya dinyatakan bahwa api berasal dari truk. Dia menyebut, hasil pemeriksaan sementara terungkap bahwa api berasal dari sebuah bus. 

Seperti diketahui, kebakaran terjadi sekitar pukul 15:08 WIB saat kapal melintasi Pulau Tempurung berlayar dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni. "Kronologi kecekakaan diduga karena sebuah bus mengalami kebakaran, bus di dalam kapal mengalami kebakaran," katanya.

3. Kebakaran berhasil dipadamkan

Ratusan Penumpang Selamat dari KMP Royce 1 yang Terbakar di MerakVideo amatir

Sementara, berdasarkan keterangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), kebakaran KMP Royce 1 milik PT DLB telah berhasil dipadamkan tim gabungan. 

"Saat ini, api dapat dipadamkan dengan melibatkan tim gabungan, termasuk Basarnas Banten," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin.

Baca Juga: Cerita Anak Koin dari Merak, Menyambung Nyawa Demi Recehan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya