Rawan Kebakaran, Jalur Pendakian Gunung Karang Pandeglang Ditutup

Pendaki yang bandel bakal diproses hukum

Serang, IDN Times - Jalur pendakian Gunung Karang yang terletak di Desa Kadu Engang, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Banten ditutup sementara. Penutupan dilakukan dalam rangka mengantisipasi kebakaran lahan saat musim kemarau panjang dan fenomena El Nino.

Selain Gunung Karang, dua gunung lainnya juga ditutup sementara, yakni Gunung Pulosari dan Gunung Aseupan. Penutupan dilakukan sejak 20 September 2023.

1. Penutupan merupakan respons dari banyaknya kasus kebakaran hutan

Rawan Kebakaran, Jalur Pendakian Gunung Karang Pandeglang DitutupANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Wakil Administratur Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Perhutani Banten, Tarsidi mengatakan bahwa penutupan jalur pendakian tersebut juga berdasarkan arahan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan merespons banyaknya kasus kebakaran yang terjadi saat musim kemarau panjang ini.

"Jadi kita antisipasi, kita meminimalisir agar tidak terjadi kebakaran, karena sekarang lagi rawan kebakaran. Jadi Perhutani mengeluarkan edaran untuk diantisipasi," kata Tarsidi saat dikonfirmasi, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga: Promosikan Judi Online, 4 Selebgram Pandeglang Ditangkap Polisi

2. Tiga gunung itu dianggap paling sulit ditangani jika terjadi kebakaran

Rawan Kebakaran, Jalur Pendakian Gunung Karang Pandeglang DitutupIlustrasi kebakaran hutan (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Selain itu, bahwa alasan pihaknya menutup sementara jalur pendakian tiga gunung yang ada di Kabupaten Pandeglang lantaran dianggap paling sulit ditangani bila terjadi kebakaran karena memiliki jalur pendakian yang lumayan ekstrem.

"Sebetulnya semua gunung diinstruksikan (ditutup sementara) tergantung situasi dan kondisi masing-masing, tapi yang difokuskan itu (gunung) yang di Pandeglang," katanya.

Tarsidi mengaku belum mengetahui kapan larangan pendakian di tiga gunung yang ada di Kabupaten Pandeglang akan dicabut dikarenakan tergantung situasi dan kondisi cuaca.

"Nah untuk tenggang waktunya belum bisa ditentukan sampai kapan, jadi melihat situasi dan kondisi musim aja, kalau (musim) panasnya masih panjang ya mungkin bisa terus (ditutup)," kata Tarsidi.

3. Pendaki yang membandel bakal diproses hukum

Rawan Kebakaran, Jalur Pendakian Gunung Karang Pandeglang DitutupWikimedia.org

Tarsidi juga menegaskan, pihaknya berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk memproses oknum-oknum yang kedapatan membandel dan tetap mendaki di tiga gunung yang ada di Kabupaten Pandeglang tersebut.

"Intinya kita tetap koordinasi dengan pihak kepolisian, karena Perhutani kalau memproses hukum kan tetap itu berkewenangan itu ya aparat penegak hukum. Jadi kita akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian," katanya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Camping di Pandeglang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya