Rekapitulasi KPU: Dinasti Politik di Kota Cilegon Tumbang

Pesinetron Cinta Fitri mendapatkan 47.482 suara

Serang, IDN Times - Calon petahana Ati Marliati tumbang di perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020. Anak mantan Wali Kota Cilegon dua periode Tb Aat Syafaat itu maju kembali di periode kedua bersama politisi Gerindra Sokhidin.

Perolehan suara pasangan petahana ini di bawah pasangan nomor urut 4 Helldy Agustian-Sanuji yang mendapatkan suara tertinggi, yakni 75.449 suara. Ati-Sokhidin hanya mendapatkan 64.815 suara berdasarkan hasil pleno rekapitulasi perolehan suara.

Baca Juga: Daftar Paslon yang Menang di Pilkada Serentak 2020 di Banten  

1. Pesinetron Cinta Fitri mendapatkan 47.482 suara

Rekapitulasi KPU: Dinasti Politik di Kota Cilegon TumbangDok. KPU Cilegon

Sementara, pesinetron cinta Fitri Lian Firman yang mendampingi tokoh Kota Cilegon Ali Mujahidin memperoleh 47.482 suara. Kemudian pasangan nomor urut 3 Iye Uman Rohiman-Awab, mendapatkan 31.496 suara.

"Selesai sudah pleno terbuka untuk (pilkada) Kota Cilegon. (Peraih suara tertinggi) di nomor 4 (Helldy Agustian-Sanuji Pentamerta)," kata Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi, saat dikonfirmasi, Rabu (16/12/2020).

2. Saksi calon petahana tolak tanda tangani hasil rekapitulasi

Rekapitulasi KPU: Dinasti Politik di Kota Cilegon TumbangIDN Times/Khaerul Anwar

Dari empat pasangan calon, hanya saksi dari calon petahana yang menolak tanda tangan hasil rekapitulasi perolehan suara. Mereka pun akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami akan menunggu lima hari ke depan, untuk menetapkan paslon pemenang Pilkada Kota Cilegon. Jika ada aduan ke MK, maka penetapan pemenang dilakukan menunggu putusan dari MK," katanya.

3. Ayah dan adik calon petahana ditangkap KPK

Rekapitulasi KPU: Dinasti Politik di Kota Cilegon TumbangHumas Pemprov Banten

Untuk diketahui, Ratu Ati merupakan puteri mantan Wali Kota Cilegon dua periode Tb Aat Syafaat periode 2000 hingga 2010 dan kakak dari Tb Iman Ariyadi yang juga pernah menjabat Wali Kota Cilegon menggantikan ayahnya Tb Aat.

Tb Aat tersandung kasus korupsi dan ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembangunan Dermaga Trestle Kubangsari, Kota Cilegon, pada April 2012. lalu sang adik Tb Iman ditangkap KPK terkait kasus dugaan suap izin analisis dampak lingkungan (Amdal) PT Transmart pada 2017 saat menjabat Wali Kota aktif.

Kemudian, Ati yang saat itu menjabat sebagai Kepala Bappeda Kota Cilegon dilantik menjadi Wakil Wali Kota Cilegon.

Baca Juga: Pemeran Serial Cinta Fitri Lian Firman Gagal di Pilkada Kota Cilegon

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya