Swab Test COVID-19 di Banten Baru Capai 47 Ribu Sampel 

Banten hentikan pembelian alat rapid test!

Serang, IDN Times - Hingga saat ini seluruh daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Banten masih berstatus zona kuning atau kategori rendah penyebaran  COVID-19. Namun, jumlah tracing terhitung masih rendah.

Kemudian, dalam setiap hari masih ada penambahan kasus baru di Banten. Berdasarkan data Pemprov Banten pada Rabu (5/8/2020) tercatat jumlah positif corona di wilayahnya bertambah sebanyak 23 kasus.

Baca Juga: Swab Test di Bawah Standar, Pengamat: Bukti Banten Masih Tertinggal

1. Swab test di Banten baru capai 47 ribu

Swab Test COVID-19 di Banten Baru Capai 47 Ribu Sampel Dok.IDN Times/Istimewa

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengungkap, jumlah swab test yang berhasil dilaksanakan di wilayahnya baru mencapai 47 ribu tes Jumlah spesimen kasus baru melalui metode polymerase chain reaction (PCR) itu masih jauh di bawah standar WHO.

Berdasarkan standar WHO, Pemprov Banten diwajibkan melakukan swab test sebesar satu persen dari jumlah penduduk Banten atau sekitar 120 ribu orang.

"Swab terus kita lakukan, terutama untuk kegiatan tracing kontak yaitu kontak erat pasien pasien positif kita lakukan. Swab kita target 120 ribu WHO wajib 1 persen dari jumlah penduduk Banten 12 juta. Dari 120 ribu, kita wajib tercapai 70 persen. Sekarang capai 47 ribu," kata Ati saat dikonfirmasi, Kamis (6/8/2020).

Jika pun mengacu pada target yang dibuat pemprov--yakni 70 persen dari standar WHO-- maka swab test harus mencapai 84 ribu. 

2. Pembelian alat rapid test dihentikan

Swab Test COVID-19 di Banten Baru Capai 47 Ribu Sampel Polresta Bandar Lampung menggelar rapid test gratis kepada pengendara. Kegiatan ini digelar di Tugu Adipura, Rabu (5/8/2020). (IDN Times/Martin L Tobing

Namun untuk pemeriksaan rapid test atau tes cepat COVID-19 di tanah Jawara itu telah melebihi target WHO sebanyak 160 ribu sampel. Oleh karenanya, disampaikan Ati, pihaknya tidak akan melakukan pembelian kembali alat rapid test.

"Tetapi untuk membeli lagi alat rapid test kita sudah tidak membeli lagi cuma hanya me-rapid dengan sisa alat yang ada saja," katanya.

3. Kasus positif corona di Banten sebanyak 1.761 kasus

Swab Test COVID-19 di Banten Baru Capai 47 Ribu Sampel (Simulasi uji klinis vaksin sinovac COVID-19 di RSUP Unpad, Kota Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Berdasarkan data Pemprov Banten, ada total 1.761 kasus di wilayahnya. Dengan rincian sebanyak 263 orang masih dirawat, sebanyak 1.395 orang sembuh dan sebanyak 103 orang meninggal dunia.

Baca Juga: Zona Kuning, Test Swab Corona di Banten Masih Jauh dari Target WHO

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya