Tanah Dan Air Baduy-Tirtayasa Terbang ke IKN 

Tanah dan air Baduy itu ditanam di lokasi IKN

Serang, IDN Times - Tanah adat suku Baduy di Kabupaten Lebak dan tanah Surosowan dari kawasan Keraton Surosowan, Banten Lama diterbangkan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Tanah tersebut dibawa Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dalam rangka kegiatan Kendi Nusantara di IKN bersama Presiden Joko Widodo pada Minggu (13/3/2022) kemarin. Selain tanah, Andika juga turut membawa kendi berisi air tirtayasa dari kawasan Tirtayasa, Kabupaten Serang.

Baca Juga: Viral Video Anak Baduy Tak Mempan Suntikan Vaksin, Ini Faktanya! 

1. Ini alasan membawa tanah dan air Baduy

Tanah Dan Air Baduy-Tirtayasa Terbang ke IKN Warga Baduy Dalam menunggu wisatawan di Desa Kanekes, Lebak (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Andika mengatakan, Provinsi Banten memilih membawa tanah dan air dari Baduy dan Keraton Surosowan mengingat secara akar budaya, Banten berasal dari dua tempat tersebut.

Daerah Baduy disebut sebagai Desa Adat khas Banten yang tidak ada persamaannya dengan daerah-daerah lain di Indonesia dan juga negara-negara lainnya.

“Ini juga hasil konsultasi kami di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan para ahli kebudayaan dan sejarah," kata Andika, Senin (14/3/2022).

2. Keraton Surosowan cikal bakal peradaban modern Banten

Tanah Dan Air Baduy-Tirtayasa Terbang ke IKN Keraton Surosowan (cagarbudaya.kemdikbud.go.id)

Sementara untuk Keraton Surosowan disebut Andika sebagai cikal bakal peradaban Banten modern hari ini. Adapun air yang diambil dari kawasan Tirtayasa mengingat sejarah perairan di Banten sangat masyhur pada era Sultan Ageng Tirtyasa membangun sistem pengairan persawahan di kawasan Tirtayasa tersebut.

"Baduy dan Keraton Surosowan sebagai tanah dan air Tirtayasa yang spesifik sebagai akar kebudayaan dan sejarah masyarakat Banten,” katanya.

Baca Juga: 5 Informasi Lengkap Keraton Surosowan, Bekal Kamu Sebelum Berkunjung

3. Hari ini telah diserahkan ke Presiden Jokowi

Tanah Dan Air Baduy-Tirtayasa Terbang ke IKN Sejumlah alat berat membuka akses jalan di lokasi segmen tiga di kawasan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Untuk diketahui, para Kepala Daerah Provinsi di seluruh Indonesia pada hari ini berkumpul di geodesi IKN dan menyerahkan tanah dan air dari daerahnya masing-masing kepada Presiden Jokowi untuk ditanam di lokasi bakal IKN dalam sebuah acara ritual kebudayaan. Tanah dan air dari 34 provinsi tersebut akan digabung di satu kendi khusus bernama Kendi Nusantara.

Baca Juga: Kegiatan di IKN, Presiden Kunjungi Titik Nol IKN di Sepaku PPU

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya