Warga Kota Serang Gelar Sayembara Tangkap Maling Berhadiah Rp3 Juta

Ketua RT geram dan kesal sering terjadi kasus pencurian

Serang, IDN Times - Sayembara tangkap maling muncul di Lingkungan Sempu Gedang, Kelurahan Cipare, Kecamatan Serang, Kota Serang. Hadiahnya gak tanggung-tanggung nih, Rp3 juta. 

Sayembara tangkap pencuri itu diumumkan oleh ketua RT Sempu Gedang dengan memasang baliho di setiap gang pintu masuk ke lingkungan Sempu Gedang.

Uang hadiah itu akan diberikan kepada warga yang berhasil menangkap pelaku beserta barang buktinya.

1. Sayembara digelar karena wilayah tersebut rawan pencurian

Warga Kota Serang Gelar Sayembara Tangkap Maling Berhadiah Rp3 JutaIDN Times/Khaerul Anwar

Hilmi selaku Ketua RT 02 Sempu Gedang mengatakan, sayembara itu khusus diperuntukkan bagi warga yang mampu menangkap pencuri yang kerap beraksi di wilayah  tersebut. Hilmi karena merasa geram karena marak kasus pencurian motor dan elektronik di kosan mahasiswa dan rumah warga.

Hilmi mencatat sejak bulan Januari 2023 hingga saat ini sudah ada tujuh kasus pencurian roda dua di wilayahnya. "Termasuk tv 36 inci diambil juga rumah saya sendiri," kata Hilmi di rumahnya, Jumat (28/7/2023).

2. Kasus pencurian motor diklaim mulai menurun usai ada sayembara

Warga Kota Serang Gelar Sayembara Tangkap Maling Berhadiah Rp3 JutaIDN Times/Khaerul Anwar

Menurutnya, setelah dipasang portal dan baliho sayembara laporan terkait pencurian mulai berkurang, namun berdasarkan kasus pencurian yang terakhir, pencuri yang biasanya beraksi di malam hari kini mulai melancarkan aksinya di siang hari.

"Jam rawan ada siang, ada malam. Diadakan porta malam siang malah beraksi beraksi," katanya.

3. Polisi bakal menjadikan wilayah itu daerah pencanangan bebas pencurian motor

Warga Kota Serang Gelar Sayembara Tangkap Maling Berhadiah Rp3 JutaIDN Times/Khaerul Anwar

Usai sayembara itu ramai jadi perbincangan di media sosial instagram, Kapolresta Serang Kota Kombes Pol Sofwan Hermanto dan jajaran mengunjungi wilayah tersebut untuk mengecek kondisi di lapangan.

Kapolsek Serang Kompol Tedy Murtian menjelaskan, kunjungan kapolres jajaran tersebut merupakan tindak lanjut atas keresahan warga terkait maraknya aksi pencurian motor. "Kita akan sinergikan dengan masyarakat untuk mencegah terhadap tindak pidana curanmor ini," katanya.

Kepolisian, imbuhnya, juga bakal mencanangkan bebas pencurian motor di wilayah tersebut dengan memasang CCTV di setiap gang yang rawan dan memeriksa setiap orang yang ke lingkungan.

"Aktifkan CCTV di akses pintu masuk, masyarakat yang masuk ke lingkungan yang memakai helm full face wajib dibuka," katanya.

Baca Juga: Warga Kota Serang Keluhkan Proses PPDB Tingkat SMP

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya