Adu Kekuatan Timses Dinasti Atut Vs Budayawan di Banten

Mereka timses Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud

Serang, IDN Times - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah mengumumkan tim sukses di Provinsi Banten dengan kekuatan dan karakternya masing-masing.

Pasangan nomor urut dua Prabowo-Gibran menunjuk Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, untuk memimpin tim kampanye di Banten. Sementara pasangan nomor urut tiga, Ganjar-Mahfud menunjuk seorang budayawan, Abah Elang Mangkubimi, menjadi panglima tim pemenangan di Tanah Jawara. Lantas siapakah sosok dua orang ini dan bagaimana kekuatannya?

1. Istri Pangeran Banten adik Ratu Atut

Adu Kekuatan Timses Dinasti Atut Vs Budayawan di BantenDok. Istimewa/humasgerindra

Nama Airin sudah tak asing lagi di dunia politik. Politisi Partai Golkar itu pernah menjabat dua periode menjadi Wali Kota Tangerang Selatan. Bahkan saat ini ia tengah didorong oleh klan dinasti Ratu Atut Chosiyah dan Golkar untuk maju menjadi Calon Gubernur (Cagub) Banten dalam Pilkada serentak 2024 mendatang.

Airin bukan berasal dari keluarga sembarangan. Suami Airin merupakan
Tubagus Chaeri Wardana Chasan atau Wawan. Wawan yang dijuluki sebagai "Pangerang Banten" merupakan adik dari mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah. Wawan dan Atut adalah narapidana mega korupsi di Provinsi Banten.

2. TKD Prabowo juga dihuni kepala daerah dan penguasa Banten

Adu Kekuatan Timses Dinasti Atut Vs Budayawan di BantenDok. Istimewa/humasdemokrat

TKD Banten juga dihuni oleh sejumlah penguasa dan kepala daerah di Banten, di antaranya Bupati Serang, Ratu Tatau Chasanah yang juga adik Ratu Atut, Wali Kota Serang Syafrudin.

Lalu Iti Octavia Jayabaya berasal dari klan dinasti Jayabaya yang basis kekuasaannya di Lebak. Iti Octavia juga merupakan mantan Bupati Lebak dua periode yang beberapa minggu lalu baru purna menjabat. Tak hanya itu ada juga nama Andra Soni selaku Ketua DPRD Banten, yang juga Ketua DPD Gerindra Banten.

3. Sosok Elang Mangkubumi dan struktur TPD Ganjar di Banten

Adu Kekuatan Timses Dinasti Atut Vs Budayawan di BantenDok. Istimewa/TPD

Sementara Ketua TPD Ganjar-Mahfud di Banten adalah Elang Mangkubumi. Meski namanya tak sepopuler Airin, namun Elang Mangkubumi merupakan pimpinan Majelis Dzikir Bumi Alit Padjadjaran di Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang.

Sosok budayawan dikenal nyentrik itu juga aktif di berbagai kegiatan keagamaan bersama sejumlah tokoh ulama besar di Banten.

TPD diisi sejumlah nama politisi berpengalaman di Banten seperti anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Marinus Gea; Bendahara DPD PDI Perjuangan yang juga mantan Ketua DPRD Banten, Asep Rahmatullah.

Lalu ada juga mantan Wakil Wali Kota Serang, Subadri Ushuludin, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Partai Persatuan Pembangunan Provinsi Banten; dan Eks Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi, yang saat ini menjabat Ketua DPD PDI Perjuangan Banten.

Sementara pasangan nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaemin Iskandar, hingga saat ini belum menunjuk timses di daerah.

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya