Tekan Polusi Udara, ASN di Tangerang Raya Bakalan WFH

Sistem ini akan menyasar ASN yang tidak melayani publik

Serang, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, berencana menerapkan work from home (WFH) bagi pegawai di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, dan aparatur sipil negara (ASN) di wilayah Tangerang Raya. Kebijakan itu dilakukan untuk menekan polusi udara.

"Kita juga sudah siap dengan instrumen bila langkah-langkah yang harus dilakukan seperti penerapan WFH bagi pegawai khususnya di kawasan aglomerasi termasuk Tangerang," kata Al Muktabar, Minggu (20/8/2023).

Baca Juga: Cegah ISPA, Pemkab Tangerang Imbau Masyarakat Pakai Masker

1. WFH hanya berlaku pegawai yang bekerja di sektor nonpelayanan

Tekan Polusi Udara, ASN di Tangerang Raya Bakalan WFHDok. Istimewa/Pemprov

Sistem bekerja dari rumah hanya akan diberlakukan terhadap pegawai yang tidak bersentuhan langsung dengan pelayanan publik. Namun mengenai waktu penerapan dan teknis pelaksanaan WFH, pihaknya masih menunggu rumusan final dari pemerintah pusat.

"Nanti tentu yang kerja tidak berhubungan langsung dengan publik bisa kerja di rumah. Tidak semua pegawai," katanya.

2. Inventarisir industri berbasis batu bara

Tekan Polusi Udara, ASN di Tangerang Raya Bakalan WFHDok. Istimewa/IDN Times

Selain WFH, Pemprov Banten juga melakukan pendataan industri yang masih menggunakan bahan bakar batu bara, dan memperbanyak uji emisi kendaraan bermotor.

Upaya-upaya itu, lanjut Al Muktabar, sebagai langkah serius untuk menekan pencemaran udara serta mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama menangani polusi udara.

"Kita mendukung penuh langkah-langkah pemerintah pusat terkait dengan pengendalian polusi udara karena itu memang sangat berbahaya," ujarnya.

3. Masyarakat diimbau menggunakan transportasi massal

Tekan Polusi Udara, ASN di Tangerang Raya Bakalan WFHIDN Times/Khaerul Anwar

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten itu pun mengimbau kepada masyarakat untuk mulai beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal saat beraktivitas.

"Pak Menpan RB sudah membuat regulasi untuk mengurangi sektor transportasi individu agar bergeser ke transformasi publik," sebutnya.

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya