Eks Bupati Lebak Jayabaya Bantah Terlibat Kasus Suap Kepala BPN  

Mulyadi Jayabaya mengaku tak mengenal terdakwa Maria Sopiah

Serang, IDN Times - Nama mantan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya terseret dalam kasus dugaan suap kepengurusan sertifikat tanah di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lebak pada tahun 2018-2021 senilai Rp18 miliar. Mulyadi membantah keterlibatannya dalam kasus ini. 

Nama Mulyadi Jayabaya disebut sebagai orang yang memperkenalkan terdakwa Maria Sopiah dengan Direktur Utama PT Harvest Time Benny Tjokrosaputro, sebelum adanya pembebasan lahan untuk pengembangan Citra Maja Raya. Mulyadi Jayabaya merupakan mantan Bupati Lebak.

Hal itu diungkapkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Banten Subadri saat membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Benny Tjokrosaputro, dalam sidang kasus dugaan suap kepengurusan sertifikat tanah di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lebak pada tahun 2018-2021 senilai Rp18 miliar.

Baca Juga: Eks Bupati Lebak Jayabaya Disebut Dalam Kasus Suap Kepala BPN Lebak 

1. Jayabaya membantah keterangan BAP Benny Tjokro

Eks Bupati Lebak Jayabaya Bantah Terlibat Kasus Suap Kepala BPN  Dok. Istimewa/IDN Times

Dikonfirmasi hal tersebut, Mulyadi Jayabaya membantah pengakuan Benny Tjokrosaputro dalam BAP. Bahkan, ayah Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya itu mengaku tidak mengenal sosok terdakwa.

"Saya tidak mengenal sdri (saudari) Maria. (Membantah BAP) Ya lah. Tidak kenal sama sekali," kata Mulyadi Jayabaya.

2. Pakar hukum menilai Mulyadi Jayabaya bisa terseret kasus bila terbukti di pengadilan

Eks Bupati Lebak Jayabaya Bantah Terlibat Kasus Suap Kepala BPN  IDN Times/Khaerul Anwar

Sementara itu, pakar hukum pidana Universitas Trisakti, Abdul Fikar Hadjar menilai, bisa saja Mulyadi Jayabaya terlibat dalam dugaan kasus tersebut bila terbukti dalam pengadilan, lantaran menjadi pihak penghubung. Karena itu pihak kepolisian bisa melakukan penyelidikan lebih lanjut, terkait apakah ada aliran uang yang masuk atau tidak.

"Sesuai pasal 55 dan 56 yang disebut dengan pelaku itu tidak hanya orang yang hanya langsung melakukan, tetapi yang membantu bisa terkena pidana," kata Fikar pada Kamis (22/6/2023).

3. Mulyadi Jayabaya disebut berkomunikasi dengan Benny dan mengenalkan Maria Sopiah

Eks Bupati Lebak Jayabaya Bantah Terlibat Kasus Suap Kepala BPN  Dok. Istimewa/IDN Times

Diketahui sebelumnya, JPU Subardi mengatakan dalam BAP Benny Tjokrosaputro sempat melakukan komunikasi dengan ayah Iti Octavia Jayabaya yang juga mantan Bupati Lebak terkait informasi bakal adanya pengenbangan di wilayah Kabupaten Lebak

"Ada info dari JB (Jayabaya) daerah Lebak akan berkembang sehingga saya tertarik," kata Subardi saat membacakan BAP Benny Tjokrosaputro dalam sidang di PN Serang, Senin (19/6/2023) malam.

Subardi menjelaskan dari informasi itu kemudian mantan Bupati Lebak itu, memperkenalkan Maria Sopiah. Ketertarikan Benny untuk berinvestasi di Kabupaten Lebak membuat dia bertemu dengan Maria Sopiah.

"Saya (Benny Tjokrosaputro) diperkenalkan dengan Maria Sopiah," dikutip dari BAP.

Baca Juga: Eks Kepala BPN Lebak Didakwa Terima Suap Rp18,1 Miliar 

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya