Comscore Tracker

3 Tradisi Ini Sering Dilakukan Warga Tangerang Sambut Ramadan

Mulai dari keramas massal hingga pawai obor

Tangerang, IDN Times - Bulan suci Ramadan 1443 Hijriah hanya tinggal menghitung hari. Umat muslim bakal menyambut bulan penuh berkah yang terjadi satu tahun sekali.

Bulan spesial ini pun membuat umat muslim, khususnya di Tangerang, menyambutnya dengan suka cita. Apa saja sih tradisi yang dilakukan warga Tangerang menyambut bulan Ramadan?

1. Ziarah ke makam keluarga

3 Tradisi Ini Sering Dilakukan Warga Tangerang Sambut RamadanLiputan6.com

Satu pekan menjelang Ramadan, masyarakat Tangerang cukup antusias menyambutnya. Bahkan sebelum menjalani puasa selama satu bulan penuh, masyarakat muslim di Tangerang berziarah ke makam keluarga.

Mereka biasa mendoakan keluarga yang sudah meninggal, lantaran disebut bisa lebih khusyuk untuk menjalani ibadah puasa.

Baca Juga: Begini Aturan Operasional Bisnis Kuliner Saat Ramadan di Tangsel

2. Keramas massal menggunakan merang

3 Tradisi Ini Sering Dilakukan Warga Tangerang Sambut RamadanIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tradisi ini khusus berada di Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang. Masyarakat di sini terbiasa melakukan keramas bersama-sama di Sungai Cisadane. Bukan menggunakan sampo, tapi berkeramas menggunakan merang.

Pada tradisi ini, baik anak- anak, ibu-ibu, bahkan bapak-bapak, ikut keramas di tepian Sungai Cisadane. Tradisi ini juga biasanya dilakukan satu hari sebelum bulan Ramadan.

3. Pawai obor berkeliling kampung

3 Tradisi Ini Sering Dilakukan Warga Tangerang Sambut Ramadantirto.id

Masyarakat Tangerang juga memiliki tradisi berkeliling kampung membawa obor untuk menyambut Ramadan. Biasanya, pawai obor digelar pada malam hari menjelang bulan puasa.

Dengan membawa obor yang terbuat dari bambu, ribuan masyarakat Tangerang yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa berseragam muslim, melakukan pawai keliling kampung. Sambil berjalan, rombongan pawai bersalawat yang diiringi alat musik gendang atau rabana.

Melalui pengeras suara, pemuka agama yang ikut rombongan akan mengingatkan masyarakat sekitar untuk bersiap-siap menyambut bulan Ramadan. Namun sayangnya tradisi itu tidak dilakukan lagi karena pandemik.

Baca Juga: Ramadan 2021, Begini Harapan Pengusaha Kuliner di Tangsel

Topic:

  • Maya Aulia Aprilianti
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya