3.400 Nakes di Kabupaten Tangerang Sudah Vaksinasi Booster Kedua

Jumlah tersebut baru 3 persen dari target vaksinasi booster

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Sebanyak 3.400 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Tangerang sudah mendapatkan vaksinasi dosis keempat atau booster kedua. Jumlah tersebut setelah adanya aturan dari pemerintah pusat terkait pemberian vaksin booster kedua untuk nakes.

"Jumlah tersebut tiga persen, dari target 11.300 orang," ujar juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: Virtual Job Fair Kota Tangerang  September 2022, Ada 978 Loker!

1. Satgas: stok vaksin booster kedua tak banyak

3.400 Nakes di Kabupaten Tangerang Sudah Vaksinasi Booster KeduaPetugas menyuntikkan vaksin Moderna kepada tenaga kesehatan yang menjalani vaksinasi COVID-19 dosis ketiga di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara, Kamis (5/8/2021). (ANTARA FOTO/Fransisco Arolio)

Hendra menuturkan alasan mengapa baru sedikit nakes yang mendapat ivaksinasi booster kedua. Alasannya, kata dia, lantaran stok vaksinnya yang menipis sehingga petugas hanya mengutamakan nakes yang memenuhi syarat. 

"Rumah sakit swasta banyak yang minta dosis vaksin untuk nakesnya, tapi memang stoknya tidak ada. Nanti kita ajukan lagi ke Pemprov Banten," jelasnya.

2. Vaksinasi masih difokuskan pada BIAN

3.400 Nakes di Kabupaten Tangerang Sudah Vaksinasi Booster KeduaPetugas menyuntikkan vaksin Moderna kepada tenaga kesehatan yang menjalani vaksinasi COVID-19 dosis ketiga di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (6/8/2021). (ANTARA FOTO/Makna Zaesar)

Tak hanya stok vaksin yang menipis, terkendalanya pemberian vaksinasi booster kedua untuk nakes juga lantaran masih berlangsungnya Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) sehingga para nakes fokus melaksanakan hal tersebut.

"Jadi vaksin nakes jumlahnya belum banyak nambah, karena ada fokus juga untuk menyelesaikan program BIAN yang kini target penyelesaiannya diperpanjang sampai akhir September 2022," ujarnya.

3. Sudah 80 persen masyarakat Kabupaten Tangerang divaksinasi COVID-19 dosis pertama

3.400 Nakes di Kabupaten Tangerang Sudah Vaksinasi Booster Keduailustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Berdasarkan data di situs covid19.tangerangkab.go.id, sekitar 80,4 persen warga sudah menerima vaksinasi di Kabupaten Tangerang untuk vaksin dosis pertama, atau setara dengan 2.293.694 orang.

Sementara untuk dosis kedua, 67,5 persen atau 1.925.802, dan dosis ketiga 30,2 persen atau 664.103 orang dari target 2.851.583 orang.

Baca Juga: Tiang Listrik di Tengah Jalan Prancis Tangerang Segera Dipindahkan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya