94 Ribu Dosis Vaksin PMK Tiba di Bandara Soetta

Banten baru mendapatkan 1.100 dosis vaksin PMK

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 94 ribu dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Senin (4/6/2022). Ribuan dosis vaksin tersebut didatangkan langsung dari Prancis menggunakan pesawat Emirates Airlines dengan nomor penerbangan EK-356. 

Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe C Soetta, Finari Manan mengatakan, kedatangan 94 ribu vaksin PMK tersebut merupakan tahap ketiga yang sudah tiba di Indonesia. 

"Adapun nilai barang impor vaksin PMK tahap ketiga ini sebesar Rp3,5 miliar lebih, sudah termasuk pungutan negara," kata Finari di Terminal Kargo Bandara Soetta, Tangerang, Senin (4/7/2022). 

Baca Juga: Cegah PMK, Pemprov Banten Tutup Akses Masuk Hewan Kurban

1. Total ada 3.010.000 dosis vaksin yang sudah datang di Indonesia

94 Ribu Dosis Vaksin PMK Tiba di Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Finari mengungkapkan, kedatangan vaksin penyakit yang menyerang hewan ternak tersebut merupakan yang kedua kali. Sebelumnya, vaksin PMK gelombang pertama  datang pada 12 Juni 2022. 

"Totalnya 3.104.000, jadi vaksin pertama sebesar 10 ribu dosis, kemudian 16 Juni ada 3 juta dosis dan kemarin 3 Juli sebanyak 94 ribu dosis," ujar Finari. 

Menurut Finari, vaksin PMK tersebut selanjutnya akan dibawa ke Gudang Marunda dan selanjutnya didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia. 

"Jadi semua distribusi yang ditujukan ke seluruh provinsi di Indonesia, itu melalui Gudang Marunda dan distribusinya akan diatur Kementerian Pertanian," katanya. 

2. Banten kebagian 1.100 dosis vaksin

94 Ribu Dosis Vaksin PMK Tiba di Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pada kesempatan yang sama, Pj Gubernur Banten Al Muktabar yang turut hadir dalam penyambutan ketibaan importasi vaksin PMK itu, membuka langsung boks yang berisi vaksin PMK dari dalam boks khusus yang disimpan di Cool Room. 

Total Vaksin PMK tersebut sebanyak 940 botol berwarna putih. Di mana, setiap botolnya masing-masing botol bermerek Aftopor tersebut berisi 100 dosis. 

"Saya buka langsung boksnya, vaksin dalam keadaan dan ketentuan baik dengan suhu tertentu dan terukur berjumlah 94 ribu dosis. Vaksin berasal dari Prancis," jelasnya.

Saat ini, kata Al Muktabar, Provinsi Banten telah menerima sebanyak 1.100 dosis vaksin PMK. "Sudah didistribusikan ke wilayah-wilayah yang membutuhkan," ungkapnya.

3. PJ Gubernur Banten minta tambahan dosis vaksin

94 Ribu Dosis Vaksin PMK Tiba di Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Meski begitu, Pemerintah Provinsi Banten juga masih menunggu distribusi selanjutnya. Pasalnya, terdapat 2.050 hewan ternak yang terinfeksi PMK di berbagai wilayah di Provinsi Banten.

Al Muktabar mengungkap, Pemprov Banten sudah menerima 1.100 dosis vaksin PMK. "Kemudian nanti akan terima lanjutannya untuk penanganan khusus bagi ternak. Kita menunggu dari Kementerian Pertanian, diprioritaskan adalah sapi perah, dan sapi-sapi yang dalam pengembangannya dalam keadaan baik," kata dia. 

Baca Juga: Ternak PMK yang Kuku Sampai Lepas Gak Sah Jadi Hewan Kurban

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya