Ada Ambulans Terbang di Bandara Soekarno-Hatta Nih! 

Ambulans ini dilengkapi peralatan dan tenaga medis, lho!

Tangerang, IDN Times - Bandara Internasional Soekarno-Hatta menyediakan ambulans terbang untuk mengakomodir kebutuhan medis yang membutuhkan waktu singkat. Layanan yang diberi nama Medevac atau medical evacuation tersebut menggunakan helikopter ambulans yang dioperasikan oleh Whitesky Aviation.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan layanan Medevac ini bertujuan untuk membantu pihak yang membutuhkan penanganan medis secara cepat. 

“Semangat dari Medevac ini adalah menyediakan transportasi medis sangat cepat yang dilakukan dengan penerbangan helikopter, agar pasien dapat cepat mendapatkan penanganan lebih lengkap di rumah sakit yang ada di Jabodetabek," ujar Awaluddin, Senin (23/8/2021). 

1. Ambulans terbang berada di kawasan Cengkareng Heliport

Ada Ambulans Terbang di Bandara Soekarno-Hatta Nih! IDN Times/Dok. Humas Bandara Soekarno-Hatta

Awaluddin menuturkan, penerbangan Medevac ini dilakukan di Cengkareng Heliport yang berada di dalam kawasan Bandara Soekarno-Hatta dan terkoneksi dengan rumah sakit di Jabodetabek. Medevac ini merupakan salah satu upaya pihaknya dalam melengkapi fasilitas dan layanan penerbangan guna mengakomodir kebutuhan yang beragam. 

"Kami berharap Medevac ini dapat bermanfaat bagi khususnya terkait aspek medis,” kata Awaluddin. 

Baca Juga: Tarif Tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta Turun Jadi Rp495.000

2. Dapat digunakan oleh semua orang yang membutuhkan

Ada Ambulans Terbang di Bandara Soekarno-Hatta Nih! IDN Times/Dok. Humas Bandara Soetta

Layanan Medevac ini terbuka untuk umum, termasuk juga dapat digunakan oleh penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan memerlukan penanganan medis secara cepat di rumah sakit.

"Medevac di Cengkareng Heliport ini juga dapat digunakan untuk memindahkan pasien dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya guna mendapatkan penanganan khusus," jelasnya. 

3. Terdapat dua jenis helikopter ambulans yang disediakan

Ada Ambulans Terbang di Bandara Soekarno-Hatta Nih! IDN Times/Dok. Humas Bandara Soetta

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan armada helikopter yang digunakan dalam layanan helimedevac ini terdiri dari 2 tipe. Pertama adalah type Bell 505 dan kedua adalah type Bell 429, dua helikopter ini juga dilengkapi tim medis dan perlengkapannya sesuai kebutuhan guna memastikan penanganan terbaik selama pasien diantarkan menuju rumah sakit.

"Kemudian adalah Heliport Emergency Unit yaitu fasilitas dalam heliport diperuntukkan guna penanganan sementara kondisi darurat pasien, sebelum dibawa menggunakan helikopter ke rumah sakit,” tutur Denon. 

Denon Prawiraatmadja menambahkan layanan Medevac ini diperkuat dengan paramedis profesional, sehingga dapat menangani pasien selama di perjalanan. 

“Medevac dari Cengkareng Heliport diperkuat oleh tim paramedis yang mampu melakukan penanganan medis bagi pasien di helikopter, untuk memastikan pasien mendapat penanganan yang tepat selama penerbangan ke RS," jelasnya. 

Adapun Cengkareng Heliport juga menyiapkan kendaraan ambulans jika sesuai kebijakan paramedis pasien dapat melakukan perjalanan darat untuk menuju rumah sakit.  

"Guna mengetahui mengenai lebih detail mengenai layanan Medevac di Cengkareng Heliport ini dapat mengunjungi situs resmi Whitesky Aviation di www.whitesky.co.id," kata dia

Baca Juga: 6 Potret Alkes dari AS Tiba di Bandara Soetta di Hari Kemerdekaan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya