Bandara Soetta Khususkan Terminal 2F untuk Calon Haji

Ada 29 ribu calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci

Tangerang, IDN Times - Pengelola Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyiapkan Terminal 2F, khusus untuk tempat menunggu keberangkatan calon jemaah haji tahun 2022 ini. Diketahui, tahun ini merupakan keberangkatan perdana ibadah haji setelah 2 tahun dihentikan karena pandemik COVID-19.

Senior Manager of Branch Communication and Legal Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatra, M Holik Muardi mengatakan, pihaknya mendedikasikan Terminal 2F sebagai pusat pelayanan calon jemaah haji.

"Kita sudah persiapkan Terminal 2F sebagai terminal khusus keberangkatan dan kedatangan calon jemaah haji tahun ini," ujar Holik, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Staf Ahli Gubernur Banten M Tranggono Resmi Jabat Sekda Banten  

1. Pengelola Bandara sudah siapkan fasilitas dan petugas

Bandara Soetta Khususkan Terminal 2F untuk Calon HajiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Holik mengungkapkan, pihaknya telah mempersiapkan berbagai fasilitas di Terminal 2F untuk para jemaah haji. Tak hanya itu, pihaknya juga telah mengatur petugas pelayanan untuk para jemaah haji.

"Juga kita koordinasikan dengan Bea Cukai, Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, dan KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan)," tuturnya.

2. Ada 29 ribu calon haji berangkat dari Bandara Soetta

Bandara Soetta Khususkan Terminal 2F untuk Calon HajiIlustrasi jemaah haji. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Sebagai informasi, penerbangan perdana haji di Bandara Soekarno-Hatta akan dilakukan pada pekan awal bulan Juni 2022.

"Ada sekitar 29 ribu calon jemaah haji tahun ini yang akan datang dan berangkat di Bandara Soekarno-Hatta," jelas Holik. Para calon haji ini, kata dia, datang dari berbagai daerah, jadi bukan Jakarta saja. 

3. Proses keberangkatan calon haji akan lebih mudah

Bandara Soetta Khususkan Terminal 2F untuk Calon HajiIlustrasi Jamaah Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Tahun ini, kata Holik, proses keberangkatan calon jemaah haji lebih mudah dibandingkan tahun sebelumnya. Pasalnya, seluruh proses keimigrasian akan dilakukan di setiap asrama haji yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Sehingga, lanjut Holik, setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, calon jemaah haji akan langsung naik ke pesawat terbang.

"Segala proses keimigrasian dilaksanakan di asrama haji baik itu di Bekasi, maupun di Pondok Gede dan jemaah akan diangkut menggunakan bus melalui sisi udara langsung ke belakang Terminal 2F dan langsung ke pesawat," terang dia.

Baca Juga: Kepala Bea Cukai Bandara Soetta: Tidak Ada Mafia Impor, Itu Isu!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya