Comscore Tracker

Jumat Malam Ini Puncak Arus Mudik Tol Tangerang-Merak

Pemudik bakal dialihkan ke jalur arteri

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Polres Kota Tangerang memprediksi puncak arus mudik lebaran akan terjadi pada Jumat malam (29/4/2022). Hal tersebut pun disebut bakal membuat kemacetan di ruas tol Tangerang-Merak.

Adanya hal itu, pihak kepolisian setempat telah mempersiapkan sejumlah antisipasi kemacetan arus lalu lintas, khususnya yang mengarah ke Merak.

"Prediksinya malam ini adalah puncak arus mudik ke arah Pelabuhan Merak, makanya kita buatkan skema agar mengurai kemacetan," ujar Kapolres Kota Tangerang Kombed Pol Zain Dwi Nugroho.

Baca Juga: Catat, Ada 100 Toilet Portabel di Sepanjang Tol Tangerang-Merak

1. Pemudik bakal dialihkan ke jalur arteri

Jumat Malam Ini Puncak Arus Mudik Tol Tangerang-MerakGerbang Tol Cikupa/wikipedia.org

Zain mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan arus lalu lintas pada puncak mudik lebaran nanti malam, terutama di Gerbang Tol (GT) Cikupa.

"Kita lihat situasinya, bila terjadi kemacetan di GT Cikupa khususnya arah Merak, makanya akan kita alihkan ke jalur arteri. Hal ini untuk mengurai kemacetan," katanya.

2. Polisi lakukan penertiban pasar tumpah di jalur arteri

Jumat Malam Ini Puncak Arus Mudik Tol Tangerang-MerakIlustrasi. Petugas kepolisian berjaga memantau arus mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Lanjut dia, untuk di jalur arteri yang mengarah ke Merak, sejumlah titik rawan kemacetan yang ada di wilayah hukumnya pun telah disterilisasi.

"Ada dua titik kemacetan pada jalur arteri di wilayah kami, yakni Pasar Gembong Balaraja, dan Pasar Cikupa. Dimana dua titik itu rawan pasar tumpah. Makanya, untuk puncak arus mudik ini kita telah lakukan penertiban," ujarnya.

Penertiban itu berupa imbauan untuk tidak parkir, ataupun berjualan di bahu jalan yang mana, membuat arus lalu lintas tersendat.

Kemudian, petugas pun telah disiagakan di titik-titik rawan kemacetan untuk bisa mengurai dan melakukan pengalihan arus bila terjadi kepadatan.

"Kita telah siap untuk mengamankan mudik tahun 2022 ini, kami juga telah dirikan 6 pos pelayanan dan pengamanan bagi para pemudik," ungkapnya.

3. Pergerakan penumpang Bandara Soekarno-Hatta diprediksi mencapai 150.000 orang

Jumat Malam Ini Puncak Arus Mudik Tol Tangerang-MerakIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi memprediksi, pada H-3 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, akan ada 154 ribu penumpang yang memadati Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

"H-3 atau hari ini, kita prediksi secara total, ada 154 ribu pergerakan penumpang," katanya, Jumat (29/4/2022).

Walaupun memang, berdasarkan data rencana pergerakan penumpang, untuk hari ini secara total terdapat 136.789 penumpang yang akan memadati Bandara Soekarno-Hatta.

Dimana, pada angka tersebut didominasi oleh penumpang yang akan berangkat dengan total 80.854 penumpang. Sedangkan, untuk kedatangan sebanyak 55.935 penumpang.

"Rencana pergerakan penumpang hari ini, biasanya akan naik 10 persen," ujarnya.

Baca Juga: Musim Mudik, Bandara Soetta Terima 720 Permintaan Extra Flight

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya