Masih Ada Rumah Berlantai Tanah di Sekitar Bandara Soetta

AP II membedah rumah 3 warga

Tangerang, IDN Times - Di sekitar Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), masih ada warga yang tinggal di rumah tak layak huni. Untuk itu, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soetta membedah 3 warga yang ada di 3 desa di wilayah Kabupaten Tangerang.

Executive General Manager Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, program tersebut diperuntukkan untuk masyarakat yang memiliki rumah tak layak huni di wilayah sekitar Bandara Soetta.

"Kami ingin Bandara Soetta juga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.  Salah satunya dengan melakukan bedah rumah terhadap warga yang memang sangat membutuhkan hunian layak," ujar Dwi, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga: Bandara Soetta Layani 2 Rute Tersibuk di Dunia

1. Terdapat kriteria yang harus dipenuhi penerima manfaat

Masih Ada Rumah Berlantai Tanah di Sekitar Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Dwi menegaskan, dalam memilih penerima manfaat, pihaknya menerapkan berbagai kriteria.  Hal tersebut agar penerima manfaat benar-benar orang yang membutuhkan dan tak mampu. Selain itu, Bandara Soetta juga bekerja sama dengan kepala desa masing-masing untuk mengajukan warganya yang memenuhi kriteria.

"Kriterianya seperti rumahnya benar-benar tak layak huni, kepala keluarga tak memiliki penghasilan tetap yang tidak memungkinkan merenovasi rumah, diantaranya itu," kata Dwi.

2. Salah satu penerima manfaat mengaku penghasilannya maksimal hanya Rp50 ribu per hari

Masih Ada Rumah Berlantai Tanah di Sekitar Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Salah satu penerima manfaat, Aben Subali merupakan warga Kampung Pintu Kapuk, Desa Bojong Renged yang merupakan tukang becak. Dia merasa terbantu dengan adanya bedah rumah tersebut. 

Dia mengaku, memang tidak punya biaya untuk merenovasi rumahnya yang kerap kena banjir dan bocor itu. "Kalau tidur malem musim hujan takut banget rubuh (roboh), banjir," kata dia. 

Setiap hari, Aben yang bisa membawa pulang uang Rp30-50 ribu. "Kadang malah enggak dapet sama sekali, Alhamdulillah sekarang udah bagus rumahnya, enggak takut lagi," jelasnya.

3. Rumah penerima manfaat hanya berlantai tanah

Masih Ada Rumah Berlantai Tanah di Sekitar Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Penerima manfaat lainnya dari Kampung Benda, Desa Bojong Renged, Kabupaten Tangerang, Namin mengatakan, sebelumnya rumahnya sebelum dibedah masih beralaskan tanah dan tak memiliki keramik. Tak hanya itu, dinding rumah pun terbuat dari bilik bambu.

"Rumah mereka sebelumnya, berlantai tanah, saya takut kalau ada hujan, alhamdulillah sekarang rumah saya sudah layak ditempati," tuturnya.

Baca Juga: 3 Destinasi Ini Jadi Favorit Saat Nataru dari Bandara Soetta

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya