3 Destinasi Ini Jadi Favorit Saat Nataru dari Bandara Soetta

4 ribu personel gabungan disiagakan menjelang Nataru

Tangerang, IDN Times - Pengelola Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mencatat, ada tiga daerah yang menjadi penerbangan destinasi favorit saat peak season Natal dan Tahun Baru 2023/2024. Ketiga daerah itu adalah Denpasar, Medan, Makassar.

"Tujuan ini menjadi favorit saat peak season libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru, dari tahun ke tahun," kata Executive General Manager, Dwi Ananda Wicaksana, Kamis (14/12/2023).

Baca Juga: Jelang Nataru, Bandara Soetta Siagakan UPS. Apa Itu?

1. Diperkirakan penumpang akan mencapai 170 ribu orang per hari saat peak season

3 Destinasi Ini Jadi Favorit Saat Nataru dari Bandara SoettaIDN Times/Dok. Maya Aulia Aprilianti

Dwi Ananda mengungkapkan, pihaknya memprediksi bakal ada kenaikan penumpang hingga total 140 ribu sampai 170 ribu orang per hari di Bandara Soetta. 

"Pergerakan pesawat di Nataru nanti mungkin paling tinggi 1.050 sampai 1.090 pergerakan pesawat per harinya, kalau saat ini masih sekitar 950 sampai 980 pergerakan pesawat," jelasnya.

2. Ada 4 ribu personel gabungan yang disiagakan saat Nataru

3 Destinasi Ini Jadi Favorit Saat Nataru dari Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pengelola Bandara Soetta, kata Dwi, menyiagakan 4 ribu personel yang akan melayani, baik di bagian services maupun pengamanan. Petugas gabungan tersebut pun terdiri dari AirNav, Polres, Otban, TNI-Polri, Bea Cukai, Imigrasi, KKP. 

"Kemudian kita tadi apel agar personel semua mengetahui tugasnya masing-masing dan menyiapkan sesuai tupoksi masing-masing," tuturnya.

3. Angkasa Pura II juga melakukan rekayasa untuk hindari penumpukan antrean penumpang dan kendaraan

3 Destinasi Ini Jadi Favorit Saat Nataru dari Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pihaknya pun bakal membuat rekayasa untuk menghindari adanya antrean penumpang maupun kendaraan di terminal-terminal yang ada di Bandara Soetta.

"Pertama, lalu lintas sudah kita lakukan pola koordinasi dengan Polresta Bandara Soekarno-Hatta, di mana di jam-jam tertentu sudah kita sepakati beberapa pengalihan jalur lalu lintas, kemudian juga kita melakukan penebalan di curbside setiap terminal agar mengurangi penurunan atau menaikkan penumpang terlalu lama di area curbside sehingga kemacetan bisa terurai," jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan penebalan di sisi check-in area, pasalnya saat ini check-in area menjadi area publik yang sudah tak memiliki Security Check Point.

"Karena kita ketahui, check-in area saat ini sudah menjadi area publik di seluruh Terminal 1,2, dan 3 sehingga tetap perlu petugas untuk melakukan profiling dan menunjukkan rasa aman kepada pengguna jasa di Bandara Soetta," ungkapnya.

Baca Juga: Nataru 2024, Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Naik 12,5 Persen

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Let's still alive!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya