Menag Yaqut Kecam Vandalisme 'Depok' di Gua Hira Arab Saudi

Larangan vandalisme bakal dimasukkan ke materi manasik haji

Tangerang, IDN Times - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengecam tindakan vandalisme yang dilakukan di Gua Hira. Diduga, pelakunya adalah jemaah haji asal Indonesia.

Pasalnya, vandalisme tersebut berisi tulisan 'Depok' diiringi dengan daftar nama-nama diduga jemaah haji.

“Aksi itu bentuk tidak patuh dan ini jadi catatan kami. Ini sesuatu perbuatan yang menurut saya dimanapun, apalagi di Tanah Suci, apalagi di Gua Hira yang sangat bersejarah,” tegas Menteri Agama Yaqut Cholil, di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga: Jemaah Haji Wafat 661 orang, Melebihi Musim Haji 2017 dan 2015

1. Menag Yaqut bakal memmasukkan larangan vandalisme saat manasik haji

Menag Yaqut Kecam Vandalisme 'Depok' di Gua Hira Arab SaudiIlustrasi jemaah haji (ANTARA FOTO/Rahmad)

Ke depannya, agar aksi tak bertanggung-jawab tersebut terulang lagi, pihaknya akan memasukkan pengetahuan larangan tersebut ke materi manasik haji. Bukan hanya di Gua Hira saja, vandalisme tidak boleh dilakukan di tempat atau fasilitas umum lain selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

“Agar ke depannya ini menjadi bagian materi manasik haji, jemaah tidak boleh melakukan vandalisme dengan corat-coret, dan banyak catatan lain,” tegasnya.

2. Cara penggunaan toilet pesawat juga bakal dimasukkan dalam manasik haji

Menag Yaqut Kecam Vandalisme 'Depok' di Gua Hira Arab SaudiIDN Times/Dok. Imigrasi Bandara Soetta

Catatan lain yang dimaksud, lanjutnya, agar para jemaah di musim haji tahun ke depannya, bisa menggunakan fasilitas umum, hingga penggunaan toilet di dalam pesawat. Sebab ke depannya, para jemaah haji tetap akan didominasi oleh para lansia.

"Untuk itu dirasa penting untuk mengedukasi penggunaan fasilitas umum tersebut karena masih banyak yang kesulitan," jelasnya.

3. Video viral berisi vandalisme dan sampah di Gua Hira

Menag Yaqut Kecam Vandalisme 'Depok' di Gua Hira Arab SaudiPintu masuk Gua Hira di Puncak Jabal Nur, Kota Makkah, hanya bisa dilalui satu orang (IDN Times/Sunariyah)

Seperti diketahui sebelumnya, lewat video berdurasi 16.54 menit, Habib Ja`far tengah menjelaskan sejarah dan keunikan Gua Hira. Namun sedari awal dia mengungkapkan kekesalannya terkait nama “Depok” ada di Gua Hira. Tepatnya di bebatuan jalur menuju gua, ada deretan nama-nama orang Indonesia dan kota Depok.

Lewat video tersebut, Habib Ja`far juga menyoroti sampah yang berserakan di Gua Hira. Namun yang lebih disayangkan ialah vandalisme di Gua Hira. Meski pelakunya tak hanya orang Indonesia, namun deretan nama-nama orang Indonesia terpampang di batu-batu besar Jabal Nur.

Baca Juga: Cegah Kanker, Siswi Kelas 5 Dan 6 SD di Kota Tangerang Bakal Divaksin

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya