Menteri LHK: Mangrove Desa Ketapang Bisa Jadi Contoh Kelola Pesisir 

Hal tersebut dikatakan saat hadiri Forum PEMSEA PNLG 2022 

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyebut, kawasan konservasi Mangrove di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang bisa menjadi contoh pemberdayaan kawasan pesisir di perkotaan.

Hal tersebut disampaikan Siti Nurbaya saat acara pertemuan Forum PEMSEA NETWORK OF LOCAL GOVERNMENT (PNLG) 2022, lakukan pertemuan di Hotel Atria, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Rabu (26/10/2022).

"Saya sudah ke sana, sudah beberapa kali. Itu bisa jadi contoh sangat bagus. Sebenarnya gini, istilah tata kelola tanaman mangrove yang benar, ya seperti di Ketapang itu," tutur Menteri Siti Nurbaya.

Baca Juga: Bupati Zaki Buka Gelaran Internasional PEMSEA PNLG 2022

1. Siti Nurbaya sebut kelola mangrove penting di daerah pesisir

Menteri LHK: Mangrove Desa Ketapang Bisa Jadi Contoh Kelola Pesisir IDN Times/Dok. Pemkab Tangerang

Siti Nurbaya mengungkapkan, tata kelola mangrove ataupun tanaman untuk membentengi alam dari berbagai bencana memang harus maksimal--dengan segala perencanaan kombinasi penunjang di dalamnya--khususnya di daerah pesisir.

"Mau dipakai untuk tambak juga tidak masalah, yang penting ada kombinasinya," ujar Siti Nurbaya.

2. Kementerian LHK juga punya program bersih-bersih sampah laut

Menteri LHK: Mangrove Desa Ketapang Bisa Jadi Contoh Kelola Pesisir IDN Times/Dok. Pemkab Tangerang

Di samping itu, Siti Nurbaya menerangkan, pemerintah pusat juga sudah memiliki pusat kegiatan bersih-bersih sampah laut di Bali. Untuk langkah awal, program ini dimanfaatkan untuk membersihkan sampah dari laut regional terlebih dulu, hingga nantinya diproyeksikan akan berkembang untuk penanganan sampah dari laut Asia-Fasifik.

"Kantor pusatnya sudah ada di Bali, sudah mulai juga ditangani. Saya kira akan diintensifkan dengan berbagai meeting-meeting internasional," ujarnya.

Dia pun menyisipkan pesan Presiden Jokowi dalam Forum PEMSEA NETWORK OF LOCAL GOVERNMENT (PNLG) 2022 kali ini, agar penyelenggara acara tak melulu mengadakan acara sebatas rapat, melainkan lakukan tinjauan sekaligus belajar praktiknya. 

3. PEMSEA PNLG 2022 dihadiri delegasi 11 negara Asia Timur

Menteri LHK: Mangrove Desa Ketapang Bisa Jadi Contoh Kelola Pesisir IDN Times/Dok. Pemkab Tangerang

Diketahui, Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan PEMSEA PNLG 2022, di mana 150 tamu undangan dari 11 negara Asia Timur hadir untuk mengikutinya.

Dalam gelaran tersebut, Pemerintah Kabupaten Tangerang sebagai tuan rumah menyiapkan Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang sebagai salah satu contoh tata kelola daerah pesisir yang mengangkat ekosistem maupun ekonomi masyarakatnya, salah satunya dengan pengembangan hutan mangrove sebagai pencegahan bencana.

Baca Juga: Kabupaten Tangerang Jadi Tuan Rumah PEMSEA, Mangrove Jadi Primadona 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya