Mudik, Pemkab Tangerang Targetkan 30 Persen Warganya Vaksin Booster

Saat ini baru 16,1 persen yang divaksinasi booster 

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang menargetkan 30 persen warganya telah divaksinasi booster, sebelum musim mudik Lebaran 2022. Hal tersebut agar masyarakat yang hendak mudik dapat memenuhi syarat yang ditetapkan pemerintah pusat.

"Mudah-mudahan bisa tercapai 30 persen sebelum musim mudik Lebaran," kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi, Kamis (14/4/2022).

1. Permintaan vaksin booster meningkat 100 persen

Mudik, Pemkab Tangerang Targetkan 30 Persen Warganya Vaksin BoosterPetugas menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada pengendara di pelayanan vaksinasi secara Layanan Tanpa Turun atau Drive Thru di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Hendra mengungkapkan, terdapat peningkatan minat masyarakat yang hendak vaksin booster saat pemerintah pusat mengumumkan syarat perjalanan mudik lebaran tahun 2022 ini.

"Peningkatannya sampai 100 persen," ujar Hendra.

2. Pemkab targetkan 300 ribu dosis vaksin booster diterima masyarakat

Mudik, Pemkab Tangerang Targetkan 30 Persen Warganya Vaksin BoosterIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Pihaknya pun, kata Hendra, menargetkan 300 ribu dosis vaksin booster diterima masyarakat Kabupaten Tangerang. Pihaknya pun tengah mengupayakan penyaluran vaksinasi booster di beberapa lokasi di wilayahnya.

"Target vaksin booster mulai dari tanggal 12 hingga 25 April 2022, ada sekitar 300 ribu dosis," jelasnya.

Nanun, pelaksanaan vaksin booster ini hanya boleh diikuti oleh masyarakat usia 18 tahun ke atas. Selain itu, ibu hamil juga diperbolehkan untuk vaksinasi booster dengan catatan telah lulus uji skrining yang dilakukan oleh petugas vaksin.

"Tapi, ibu hamil harus menggunakan vaksin berjenis Pfizer," tuturnya.

3. Baru 16,1 persen masyarakat yang menerima vaksin booster

Mudik, Pemkab Tangerang Targetkan 30 Persen Warganya Vaksin Boosterilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis)

Hingga saat ini, baru ada 16,1 persen atau sebanyak 354.136 masyarakat yang telah menerima vaksin booster. Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk mendatangi gerai-gerai vaksinasi yang tersebar di berbagai tempat.

"Masyarakat yang mau mudik akan berkumpul dengan keluarga, sehingga dengan vaksin booster bisa menambah perlindungan keluarga kita," kata dia. 

Baca Juga: Banyak Pekerja di Tangerang Enggan Laporkan Pelanggaran Hak THR

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya