Pemkab Tangerang Buka Layanan Sterilisasi Kucing Gratis, Ini Caranya!

Program tersebut untuk mengendalikan populasi kucing

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) membuka layanan sterilisasi kucing gratis. Layanan tersebut diperuntukkan bagi pemilik kucing di wilayah tersebut.

"Pelayanan sterilisasi gratis adalah salah satu bentuk apresiasi dari puskeswan bagi pemilik kucing yang peduli terhadap kesehatan hewan peliharaan," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga: Cara Mendaftar Sertifikat Halal UMKM di Kota Tangerang

1. Pendaftaran bisa dilakukan dengan scan QR Code

Pemkab Tangerang Buka Layanan Sterilisasi Kucing Gratis, Ini Caranya!IDN Times/Dok. DPKP Kabupaten Tangerang

Untuk bisa menikmati layanan ini, Asep mengungkapkan, warga Kabupaten Tangerang harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui scan link QR code yang disediakan di akun Instagram resmi @DPKP.tangerangkab atau @puskeswan_kabtangerang.

"Jika sudah terdaftar melalui link yang disediakan. Selanjutnya, akan diverifikasi oleh petugas terkait ketentuan dan jadwal steril akan di informasikan jika kucingnya layak dan memenuhi persyaratan yang diminta," jelas Asep.

2. Ada sejumlah syarat untuk kucing bisa disterilisasi

Pemkab Tangerang Buka Layanan Sterilisasi Kucing Gratis, Ini Caranya!Ilustrasi kucing rumahan. (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Adapun, sejumlah syarat ditetapkan untuk kucing bisa disterilisasi agar tak berdampak buruk bagi kesehatan kucing tersebut. Jika tak memenuhi syarat, maka proses sterilisasi tak bisa dilakukan.

“Syaratnya kucing harus sehat, berumur lima bulan sampai 4,5 tahun, sudah mendapat vaksinasi Tricat/quarticat, serta beratnya minimal dua kilogram dan lainnya,” terang dia.

3. DPKP juga edukasi pemilik kucing untuk berikan vaksinasi

Pemkab Tangerang Buka Layanan Sterilisasi Kucing Gratis, Ini Caranya!Google

Asep juga menyampaikan, pihaknya terus berusaha mengedukasi agar pemilik kucing di Kabupaten Tangerang untuk melakukan vaksinasi F3 atau Tricat yang fungsinya untuk meningkatkan kekebalan terhadap tubuh kucing dari serangan virus berbahaya. 

"Seperti, Feline calicivirus, Feline panleucopenia dan Feline rhinotracheitis," tuturnya.

Baca Juga: Kota Tangerang Terpilih Dalam Program KaTa Kreatif Kemenparekraf

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya