PPIH Hadang Bus di Muzdalifah, Menag: Sedang Diselidiki Otoritas Saudi

Menag apresiasi tindakan petugas haji

Tangerang, IDN Times - Sempat viral sebuah video di media sosial yang berisi adanya seorang laki-laki berbaju ihram menghadang bus. Dalam video tersebut, disebutkan dia menghadang lantaran bus yang bertugas menjemput jemaah di Muzdalifah, Arab Saudi tak kunjung datang hingga ada jemaah haji lansia yang pingsan lantaran cuaca panas.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pihaknya telah menerima investigasi atas peristiwa tersebut dari Pemerintah Arab Saudi dari kejadian di tiga lokasi yakni Muzdalifah, Arafah, dan Mina.

"Kita masih pelajari hasil investigasi itu, ya karena memang panjang ya, nanti pasti akan kita sampaikan ke publik," kata Menag Yaqut di Bandara Soetta, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga: Temui PPIH, Petugas Haji Malaysia Sebut Belajar Banyak dari Indonesia

1. Nazahah Arab Saudi tengah menyelidiki dugaan korupsi pada pihak ketiga

PPIH Hadang Bus di Muzdalifah, Menag: Sedang Diselidiki Otoritas SaudiRibuan umat muslim memadati padang Arafah, Arab Saudi, saat wukuf, Sabtu (5/11). Jutaan umat muslim dari berbagai negara mengikuti prosesi puncak haji 1432 H. (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

Menag Yaqut mengungkapkan, dari hasil investigasi awal, diketahui bahwa pihak Badan Pengawasan dan Pemberantasan Korupsi Arab Saudi atau Nazahah tengah menyelidiki dugaan adanya korupsi oleh pihak ketiga yang ditunjuk pemerintah Arab Saudi untuk melayani para jemaah haji.

"Tapi kami menangkap konklusinya, bahwa investigasi yang dilakukan oleh semacam KPK-nya sana itu, Nazahah-nya Saudi. Mereka memang menemukan kekurangan- kekurangan dari pelayanan yang disediakan oleh pihak ketiga yang ada di Arab Saudi," ungkap Menag Yaqut.

2. Penyetopan bus oleh petugas haji dilandasi rasa kemanusiaan

PPIH Hadang Bus di Muzdalifah, Menag: Sedang Diselidiki Otoritas SaudiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Adapun, Menag Yaqut menyebut, tindakan yang dilakukan petugas haji di Muzdalifah menyetop bus yang lewat merupakan berasal dari rasa kemanusiaan dan tanggung jawabnya sebagai petugas haji.

"Melihat jamaah yang belum terangkut, sementara melihat bus yang lewat kosong, kemudian disetop, saya kira itu juga bagian yang harus kita apresiasi," jelasnya.

Baca Juga: Menag: PPIH Gendong Hingga Ganti Popok Jemaah Haji

3. Pihaknya tengah mengkaji temuan dari Nazahah

PPIH Hadang Bus di Muzdalifah, Menag: Sedang Diselidiki Otoritas SaudiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pihaknya pun terus menunggu perkembangan penyelidikan yang dilakukan oleh Nazahah Arab Saudi terkait pelayanan jemaah haji tersebut.

"Nanti kita akan baca dulu, kita akan kaji apa hasil temuan mereka secara utuh, nanti baru kita akan sampaikan kepada publik," tuturnya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya