Menag: PPIH Gendong Hingga Ganti Popok Jemaah Haji

Menag menjemput ratusan PPIH di Bandara Soetta

Tangerang, IDN Times - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkap, kerja panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) tahun lebih berat karena jemaah haji didominasi lansia. Menag pun memberi apresiasi. 

Dia menjemput kedatangan ratusan panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) yang pulang ke Indonesia, Kamis (27/7/2023) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. 

"Ini sebenarnya tidak cukup sebagai bentuk terima kasih kami, tapi mudah-mudahan bisa menangkap keinginan pemerintah melalui Kemenag untuk memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada petugas baik itu petugas PPIH, kesehatan, maupun media yang juga ikut meliput dan mengabarkan tentang jemaah haji ke keluarganya di Indonesia," ujar Menag Yaqut.

Menag mengungkapkan, terdapat 282 petugas yang telah tiba dan akan menyusul di penerbangan selanjutnya sebanyak 158 petugas. Adapun pada periode haji 2023 ini, pihaknya memberikan apresiasi tinggi atas dedikasi para PPIH yang telah bekerja mengelola jemaah haji.

Baca Juga: Menag Yaqut: Pasangan Harus Jadi Rem bagi Pejabat agar Tak Serakah

1. Menag Yaqut sebut PPIH menggendong, memandikan, hingga mengganti popok jemaah

Menag: PPIH Gendong Hingga Ganti Popok Jemaah HajiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menag Yaqut menuturkan, pihaknya menilai apa yang sudah dilakukan para petugas haji tahun ini melampaui ekspektasi Kementerian Agama. Pasalnya, para petugas bekerja dengan sangat baik dalam menangani para jemaah haji.

"Semua petugas mulai media yang saya tahu kemarin yang berangkat juga siang malam memberitakan jemaah bahkan mereka gendong jemaah, memandikan, ganti popok yang mungkin di rumah mereka tidak sempat melakukan itu ke orangtuanya," tuturnya.

2. Menag Yaqut sebut PPIH menangani dengan baik 67 ribu jemaah lansia

Menag: PPIH Gendong Hingga Ganti Popok Jemaah HajiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Menag Yaqut juga mengungkapkan, kinerja dari para petugas haji lebih berat tahun ini lantaran jemaah haji didominasi oleh lansia, yakni 67.000 orang. 

"Terutama petugas kesehatan, itu tentu membutuhkan tenaga kesehatan yang ekstra keras bekerja apresiasi saya berikan dan sangat luar biasa, jadi kalau ada yang menilai kinerja petugas buruk saya akan menghadapinya karena saya menjadi saksi semua petugas bekerja dengan keras dan melampaui ekspektasi," ungkapnya.

3. Kemenag bakal berikan penghargaan kepada petugas haji

Menag: PPIH Gendong Hingga Ganti Popok Jemaah HajiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Nantinya, kata Menag Yaqut, pihaknya bakal memberikan penghargaan kepada petugas haji yang dinilai kinerjanya sangat baik menangani para jemaah. Namun, pihaknya masih enggan membeberkan bentuk penghargaan yang akan diberikan.

"Untuk sementara masih rahasia dulu apa itu, kita sediakan, tapi pasti ada, sebagai wujud terima kasih kami semua, terima kasih jemaah haji saya kira," jelasnya.

Pasalnya, lanjut Menag Yaqut, pihaknya banyak mendengar cerita baik dari jemaah haji mengenai petugas haji tahun 2023 ini, sehingga ia pun menganggap penghargaan patut diberikan kepada petugas haji tersebut.

"Mereka (jemaah haji) menceritakan bagaimana petugas itu bekerja keras melayani mereka. Sampe terharu, nangis nangis ceritanya ke saya, memang sangat luar biasa, itu patut diapresiasi," tuturnya.

Baca Juga: Bandara Soetta Jadi Bandara Tersibuk di ASEAN Versi ACI

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya