Proses Kedatangan Jenazah Eril di Soetta Dilakukan Secepat Mungkin

Jenazah Eril didampingi tiga orang saat menuju Indonesia

Tangerang, IDN Times - Jenazah putra sulung Gubernur Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz direncanakan tiba pada Minggu (12/6/2022) sekitar pukul 15.40 WIB di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Pihak Polresta Bandara Soetta pun menyiapkan skema untuk memperlancar kedatangan jenazah Eril.

Kapolres Bandara Soetta Kombes Pol Sigit Dany mengatakan, proses kedatangan jenazah bakal dilakukan secepat mungkin agar bisa segera dibawa ke rumah duka di Bandung, Jawa Barat.

"Kedatangan nanti dari pesawat dengan prioritas penuh diharapkan 30 sampai 45 menit proses turun pesawat, kemudian kegiatan penyerahan bisa selesai, dan dilanjutkan dengan perjalanan ke bandung diestimasi 1 sampai 1,5 jam," ujar Sigit, Minggu (12/6/2022).

Baca Juga: Pengelola Bandara Soetta Siapkan Personel Sambut Jenazah Emmeril Kahn

1. Jenazah Eril didampingi tiga orang di pesawat menuju Indonesia

Proses Kedatangan Jenazah Eril di Soetta Dilakukan Secepat Mungkininstagram.com/emmerilkahn

Sigit mengungkapkan, saat ini jenazah Eril didampingi oleh tiga orang di perjalanan menuju Indonesia, yakni dari pihak keluarga dan satu staf dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"Sampai saat ini terus koordinasi dengan Kemenlu dengan memberikan keamanan semaksimal mungkin," jelas Sigit.

Tak hanya itu, berdasarkan informasi, terdapat pula beberapa menteri yang akan menyambut kedatangan jenazah Eril di Bandara Soetta.

"Beberapa menteri, dan beberapa orang dari instansi, semua berjalan dengan simpel dan secepat mungkin agar jenazah bisa segera diberangkatkan ke rumah duka," tuturnya.

2. Ada 120 personel yang jaga proses kedatangan jenazah Eril

Proses Kedatangan Jenazah Eril di Soetta Dilakukan Secepat MungkinEmmeril Kahn saat berpose di Swiss. Foto: IG Atalia.

Sigit menuturkan, terdapat total 120 personel yang bakal menjaga proses kedatangan jenazah Eril. Ratusan personel tersebut bakal bertugas di tempat yang berbeda.

Untuk pengamanan proses kedatangan jenazah Eril dan rombongan di Bandara Soetta, personel akan dibagi menjadi tiga, yakni berdasarkan rute, lokasi dan parkir yang nanti akan diamankan oleh jajaran Satlantas Bandara Soetta dan Polda Metro Jaya, kemudian juga dari Polda Jabar.

"Akan dilakukan pengawalan oleh Polda Jabar, sementara Polres Soetta pengamanan dari pesawat dan kargo human remains, sedangkan untuk nanti keberangkatan dari human remains ke Bandung akan melalui tol," ungkapnya.

3. Polisi menjamin, proses penyambutan jenazah Eril tak akan ganggu proses keberangkatan angkutan haji maupun kargo

Proses Kedatangan Jenazah Eril di Soetta Dilakukan Secepat MungkinIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Ia pun memastikan, pada proses kedatangan dan penyambutan jenazah Eril, tak akan mengganggu proses penerbangan lainnya, seperti keberangkatan angkutan haji, pasalnya jam keberangkatan tidak berbarengan. 

"Kemudian kegiatan kargo sendiri gak mengalami gangguan, begitu juga rute yg digunakan mulai dari human remains sampai di pintu tol dalam kota dan Bandung, semua sudah dicek dan nanti diharapkan kegiatan bisa berjalan dengan lancar mulai dari apron, kargo dan rute keberangkatan ke Jawa Barat," kata Sigit.

Baca Juga: Jenazah Eril Dimakamkan Dekat dengan Masjid Al-Mumtadz

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya