Tahun 2023, Tarif Tol Jakarta-Merak Bakal Naik

Kenaikan tarif mulai Rp1.000 hingga Rp9.500

Tangerang, IDN Times - PT Marga Mandala Sakti atau Astra Tol Tangerang-Merak bakal segera menaikkan tarif tolnya dalam waktu dekat. Kenaikan tarif tersebut merupakan penyesuaian tarif reguler 2 tahunan.

"Ditambah adanya, penambahan lingkup investasi peningkatan kualitas dan kapasitas jalan di ruas Tol Tangerang-Merak," kata Presiden Direktur ASTRA Tol Tangerang-Merak Kris Ade Sudiyono, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga: Jalur Rawan Kemacetan dan Kecelakaan Menuju Pelabuhan Merak   

1. Tarif tol Tangerang-Merak bakal naik per kilometernya

Tahun 2023, Tarif Tol Jakarta-Merak Bakal NaikSejumlah kendaraan melintas di ruas Tol (ANTARA FOTO/Fauzan)

Besaran Penyesuaian tarif, berdasarkan tarif dasar untuk golongan I Rp655/Km menjadi Rp802/Km. Hal ini juga disesuaikan dengan angka inflasi dan perhitungan penambahan lingkup investasi. Nantinya, kenaikan tarif akan berbeda-beda di setiap gerbang lantaran akan diperhitungkan melalui jarak tempuh atau per kilometer (km).

Seperti, golongan I (satu) dari Cikupa sampai Merak semula Rp44.000 menjadi Rp53.500, sedangkan untuk jarak terdekat dari Cikupa ke Balaraja Timur semula Rp2.500 menjadi Rp3.000.

"Bentuk upaya kami dalam meningkatkan pelayanan kepada para pengguna ruas jalan tol," ujarnya.

2. Investasi peningkatan infrastruktur tol Tangerang-Merak mencapai Rp10 triliun

Tahun 2023, Tarif Tol Jakarta-Merak Bakal NaikIDN Times/Auriga Agustina

Upaya itu beberapa diantaranya, peningkatan kualitas dan kapasitas jalan pada ruas Tol Tangerang-Merak yang telah dilakukan adalah, Penambahan lajur ke-4 pada segmen Bitung KM 26+039 sampai dengan Balaraja barat KM 39+750 arah Merak dan Jakarta sepanjang 27,422 Km. Lalu, Penyempurnaan Simpang susun Cikupa dan Pembangunan Simpang susun Balaraja Timur.

"Beberapa upaya peningkatan layanan telah kami lakukan dengan biaya investasi lebih dari Rp10 triliun, yang diperhitungkan pengembaliannya hingga akhir masa konsesi ASTRA Tol Tangerang-Merak nantinya," jelasnya.

3. Pengelola sebut investasi tersebut bisa dirasakan oleh masyarakat Banten

Tahun 2023, Tarif Tol Jakarta-Merak Bakal NaikDok. Humas MMS

Dari investasi hingga Rp10 triliun tersebut, Kris menyebut peningkatan fasilitas di tol Tangerang-Merak yang selama ini telah dilakukan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Banten.

"Berupa kemudahan akses dan konektivitas yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan wilayah Banten dari berbagai sektor," tuturnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan di Tangerang untuk Christmas Dinner 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya