Terendam Banjir, Pintu Tol Bitung dari Arah Jakarta Ditutup

Jalan tak bisa dilalui seluruh jenis kendaraan

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Lantaran terendam banjir hingga setinggi 80 sentimeter, pintu tol Bitung dari arah Jakarta ditutup, Sabtu (20/2/2021). Kepala Induk PJR Tol Bitung, Kompol Adri Birawasto mengatakan, penutupan jalur keluar pintu Tol Bitung telah dilakukan sejak pukul 09.45 WIB.

"Kita telah melakukan penutupan karena banjir merendam jalur keluar tepatnya di kolong tol," ujarnya. 

Baca Juga: Banjir Kepung Kabupaten Tangerang, Ketinggian Air Hingga 1,5 Meter

1. Seluruh golongan kendaraan tidak bisa melintas

Terendam Banjir, Pintu Tol Bitung dari Arah Jakarta DitutupIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Adri mengungkapkan, banjir tersebut tak bisa dilalui oleh seluruh jenis kendaraan, terlebih untuk kendaraan golongan I dan II. 

"Penutupan juga dilakukan karena adanya kendaraan golongan III dan IV yang mogok hingga menyebabkan jalur tertutup," ujar Adri. 

2. Jalan dialihkan ke Pintu Tol Cikupa

Terendam Banjir, Pintu Tol Bitung dari Arah Jakarta DitutupIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Adri menuturkan, petugas melakukan rekayasa lalu lintas. Kendaraan yang akan mengarah keluar melalui pintu Tol Bitung, akan diarahkan menuju Tol Cikupa. "Kami alihkan ke pintu keluar Tol Cikupa, lalu menuju kawasan Pasarkemis," kata Adri.

Menurutnya, rekayasa lalu lintas dilakukan petugas untuk mencegah kemacetan panjang. Akibat penutupan pintu tol itu, kata dia, kemacetan terjadi di arah pintu keluar Tol Cikupa. "Karena antrean kendaraan. Dan untuk pintu masuk, masih berjalan lancar," ujarnya.

3. Pengguna jalan keluhkan penutupan jalan

Terendam Banjir, Pintu Tol Bitung dari Arah Jakarta DitutupIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, para sopir truk dan kontainer mengeluhkan penutupan dan pengalihan arus tersebut. Pasalnya, hal tersebut dapat menambah biaya perjalanan. 

Para sopir truk itu pun memilih untuk memarkirkan kendaraan di pinggir tol sambil menunggu dibukanya kembali jalur keluar Tol Bitung.

"Susah juga kalau saya harus ke pintu keluar Tol Cikupa, karena macet, ditambah makin jauh sampai lokasi saya nganter barang dari pabrik," kata Agus, salah seorang sopir.

Baca Juga: Banjir Ciledug Indah, Ratusan Warga Terjebak Banjir di Rumah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya