Terminal 1A Bandara Soetta Dibuka Kembali, Ini Daftar Maskapainya

Belum semua maskapai beroperasi

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta kembali membuka Terminal 1A. Pembukaan tersebut mulai dilakukan pada Jumat, 1 April 2022. 

Terminal 1A dibuka kembali lantaran adanya peningkatan pergerakan penumpang beberapa waktu terakhir, baik kedatangan maupun keberangkatan. Adapun peningkatan jumlah tersebut sudah mencapai 70 persen dari angka penumpang di masa normal atau sebelum pandemik COVID-19.

"Biasanya saat pandemik Covid-19, hari-hari biasa 70 ribu penumpang perhari, sepekan terakhir ini sudah mencapai 100 ribu lebih per hari," tutur Senior Manager of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta, M. Kholik, Kamis (31/3/2022).

Bahkan puncaknya, lanjut Kholik, terdapat lalu lintas 124 ribu penumpang yang memadati Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, pada tanggal 27 Maret lalu. 

Baca Juga: Viral, Penumpukan Penumpang Internasional di Bandara Soetta

1. Belum semua maskapai beroperasi di Terminal 1A

Terminal 1A Bandara Soetta Dibuka Kembali, Ini Daftar MaskapainyaIlustrasi pesawat (Pesawat) (IDN Times/Arief Rahmat)

Holik mengungkapkan, adapun maskapai yang bakal mengisi Terminal 1A yakni maskapai Airfast pada 1 April 2022. Lalu dijadwalkan kembali tanggal 6 April 2022 adalah maskapai Super Air Jet. 

"Sisanya bertahap akan bergabung Sriwijaya Air," jelasnya. 

2. Terminal ini diprediksi bisa urai 15 ribu penumpang yang sebelumnya memadati Terminal 2 dan 3

Terminal 1A Bandara Soetta Dibuka Kembali, Ini Daftar MaskapainyaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Bila Terminal 1A diaktifkan kembali dan semua maskapai bergabung, kata Holik, setidaknya ada 15 ribu penumpang yang sebelumnya memenuhi Terminal 2 dan 3.

"Kurang lebih 15 ribu per hari datang dan berangkat, itu kalau semua maskapai sudah pindah," kata Holik.

3. Terminal 1B juga bakal dioperasikan jika arus mudik mencapai 140 ribu

Terminal 1A Bandara Soetta Dibuka Kembali, Ini Daftar MaskapainyaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tak hanya Terminal 1A, pihaknya pun bakal mengoperasikan Terminal 1B bila nantinya pada arus mudik jumlah lalu lintas penumpang mencapai 140 ribu lebih. 

"Kami tetap juga ada alert, kalau lebih dari 140 ribu (penumpang) dan berturut-turut jumlahnya, itu kita siapkan Terminal 1B dioperasikan," ujarnya. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya