Warga Kabupaten Tangerang Bisa Urus KTP Hingga BPJS di Mal

Ada 7 instansi pelayanan publik yang tersedia

Tangerang, IDN Times - Warga Kabupaten Tangerang saat ini sudah bisa mengurus administrasi kependudukan sambil berbelanja di mal. Pemerintah setempat telah membuka Gerai Pelayanan Publik yang berlokasi di Mal Ciputra Tangerang, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

"Gerai ini adalah langkah maju dalam menghadirkan layanan yang lebih cepat dan efisien bagi masyarakat dan pengusaha. Kolaborasi ini merupakan contoh nyata upaya bersama dalam memajukan pelayanan publik," ujar Bupati Tangerang, Ahmad Zaki Iskandar, Rabu (30/8/2023).

1. Ada 7 instansi pelayanan publik yang bisa diurus di Gerai Pelayanan Publik tersebut

Warga Kabupaten Tangerang Bisa Urus KTP Hingga BPJS di MalIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Zaki menjelaskan, gerai layanan ini membuat masyarakat Kabupaten Tangerang bisa mengurus beberapa urusan administrasi sekaligus mulai dari kependudukan hingga BPJS Kesehatan di satu tempat.

Di mana, ada 7 instansi yang dihadirkan di Gerai Pelayanan Publik ini, yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, (Badan Pertanahan Nasional (BPN), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), serta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

"Untuk jadwalnya ada mulai dari mal ini buka sampai jam 4 sore, sementara itu masih ada yang beroperasi selama 5 hari, ada juga yang sudah setiap hari, yaitu BPN, Dukcapil, dan Samsat," jelasnya.

2. Bakal ada mal lain yang dilengkapi Gerai Pelayanan Publik di Kabupaten Tangerang

Warga Kabupaten Tangerang Bisa Urus KTP Hingga BPJS di MalIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Selain Mal Ciputra Tangerang, Pemkab Tangerang bakal membuat dua Gerai Pelayanan Publik lain di wilayah Kabupaten Tangerang agar lebih mendekatkan ke masyarakat. 

"Ini kan yang pertama, nanti akan ada juga di mal lain, seperti untuk Kabupaten Tangerang wilayah Utara di PIK 2, lalu wilayah Timur di Summarecon Mall Serpong atau AEON Mall," tuturnya.

3. Gerai Pelayanan Publik bentuk kolaborasi antar swasta dan pemerintahan

Warga Kabupaten Tangerang Bisa Urus KTP Hingga BPJS di MalIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Managing Director Ciputra Grup Budiarsa Sastrawinata, menyatakan kehadiran gerai ini menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara sektor swasta dan pemerintah dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Tangerang.

 "Kami sangat bangga dapat berkontribusi dalam mendukung penyediaan layanan publik yang lebih baik bagi masyarakat Kabupaten Tangerang. Gerai Pelayanan Publik ini adalah wujud nyata kolaborasi antara sektor swasta dan pemerintah untuk menciptakan dampak positif di tingkat lokal," ujarnya.

Dengan peluncuran Gerai Pelayanan Publik Kabupaten Tangerang ini, diharapkan masyarakat akan lebih mudah dan cepat mengakses layanan-layanan penting yang dibutuhkan.

"Sehingga bisa lebih memudahkan masyarakat," tuturnya.

Baca Juga: Ada yang Bakar Sampah Sembarangan di Tangerang? Laporkan ke Sini

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya